3 Alasan Erick Thohir Rombak Direksi-Copot Bos MIND ID

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 18:45 WIB
Hari ini vaksin tahap ke-14 kembali tiba di Indonesia. Sebanyak 8 juta bulk vaksin Sinovac mendarat di Bandara Soetta. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menerima dan melihat langsung.
3 Alasan Erick Thohir Rombak Direksi-Copot Bos MIND ID
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir baru saja merombak direksi holding pertambangan MIND ID. Dalam perombakan ini, Orias Petrus Moedak dicopot dari Direktur Utama digantikan Hendi Prio Santoso.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, ada tiga tujuan dalam perombakan ini. Pertama, untuk mengakselerasi transformasi industri tambang yang berkelanjutan dan program digitalisasi tambang.

"Akselerasi transformasi industri tambang yang berbasis sustainable dan environmental friendly practices dengan mengoptimasi program digitalisasi dan automasi mekanisasi smart mining 5.0," katanya kepada media, Jumat (29/10/2021).

Kedua, untuk pengembangan hilirisasi industri tambang. Tujuannya, untuk meningkatkan nilai tambah dalam negeri.

"Pengembangan hilirisasi industri tambang menuju integrated metal & mineral comprehensive upstream & downstream processing untuk memaksimalkan value dan nilai yang bisa diperoleh di dalam negeri sehingga terbangun industri dalam negeri yang kuat," terangnya.

Terakhir, untuk menjadi penggerak industri elektrik nasional. Tujuannya, untuk mengurangi defisit devisa akibat impor energi.

"Menjadi motor penggerak terdepan dalam inisiatif pengembangan industri electric mobility nasional yang bertujuan untuk mengurangi defisit devisa negara akibat net impor energi serta pengurangan emisi karbon di sektor transportasi darat. Juga untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor electric mobility dengan membuka peluang investasi dan kerjasama dengan player electric mobility global," terangnya.

(acd/fdl)