ADVERTISEMENT

Proyek PLTP Dieng 55 MW Digeber, Ada Pengeboran 10 Sumur

Uje Hartono - detikFinance
Senin, 15 Nov 2021 23:04 WIB
Salah satu titik pengeboran sumur di Desa Karangtengah Kecamatan Batur, Banjarnegara
Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara -

Proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) kembali dikerjakan di dataran tinggi Dieng dengan kapasitas 55 MW. Pembangkit listrik untuk mencukupi kebutuhan Jawa-Bali ini ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

Project General Manager PLTP Dieng 2 PT GeoDipa Energi (Persero) Rio Supriadinata Marza mengatakan, proses pengeboran PLTP Dieng 2 akan dimulai pekan depan, (25/11/2021). Nantinya pembangkit listrik ini bisa didistribusikan untuk kebutuhan listrik Jawa-Bali pada 2024 mendatang.

"Untuk semuanya sudah siap. Pengeboran pertama kita jadwalkan pada 25 November 2021 jam 00.00 WIB. Nanti proses pengerjaan dua tahun dan bisa resmi dimanfaatkan pada tahun 2024," ujarnya usai pemaparan pemboran di aula kantor PT GeoDipa Energi (Persero), Senin (15/11/2021).

Nantinya, pada pembangunan PLTP Dieng 2 ini akan dilakukan pengeboran 10 sumur. Yakni 5 sumur akan digunakan untuk produksi sedangkan 5 lainnya untuk injeksi.

"Untuk kapasitas 55 MW ini nanti ada proses pengeboran 10 sumur. 5 sumur untuk produksi dan 5 sumur untuk injeksi. Memang ada resiko sudah dibor tetapi tidak bisa. Tetapi dataran Dieng ini potensi geothermal sangat bagus," jelasnya.

Rio menyebut, 10 sumur ini akan dibor di wilayah Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Sehingga nantinya, ada bonus produksi untuk Pemkab Banjarnegara sebanyak 0,5 persen.

"Untuk PLTP Dieng 2 ini seluruhnya di wilayah Banjarnegara. Sehingga nanti bonus produksi 0,5 persen seluruhnya untuk Pemkab Banjarnegara," kata dia.

Sementara itu, Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin menyampaikan dukungannya terhadap pembangunan PLTP Dieng 2. Menurutnya, pembangunan PLTP Dieng 2 ini memiliki manfaat baik untuk pemerintah daerah maupun masyarakat.

"Pembangunan PLTP Dieng ini memiliki manfaat untuk daerah dan masyarakat. Bahkan yang lebih tinggi lagi Negara. Jadi kami dan rekan-rekan Forkompinda siap mendukung demi kebaikan kita bersama dan masyarakat," ujarnya.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT