Lahan Bekas Tambang Masih Bisa Dimanfaatkan, Ini Contohnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 18 Nov 2021 14:27 WIB
Tambang Batu Hijau PT Newmont terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB). detikcom berksempatan melihat dari dekat proses penambangan tembaga, emas dan perak di Sumbawa, NTB, tersebut,Rabu, (29/06/2011). file/detikfoto
Ilustrasi/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melakukan penanaman perdana demplot pohon Tengkawang dan durian Musang King.

Hal ini dalam upaya peningkatan kualitas lahan bekas tambang di Arboretum Tengkawang, Desa Monterado, Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, pada Selasa (16/11).

Hadir pada kesempatan tersebut SVP Teknologi PKT Heri Subagyo, Plt Direktur Pemulihan Kerusakan Lahan Akses Terbuka (PKLAT) KLHK Edy Nugroho Santoso, Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Barat, Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Kabupaten Bengkayang, Camat dan Kepala Desa Monterado.

Diungkapkan Heri Subagyo, kegiatan ini merupakan kesinambungan komitmen kerja sama PKT bersama KLHK sejak 2020, untuk kolaborasi pemulihan lahan bekas tambang guna meningkatkan kualitas lingkungan di kawasan sekitar.

Demplot ini juga sebagai wujud dukungan PKT untuk pemulihan lingkungan dan ekosistem pasca tambang, baik dalam bentuk reklamasi maupun rehabilitasi dan restorasi lahan, agar dapat dimanfaatkan kembali sesuai fungsinya.

Selain itu, demplot ini juga merupakan langkah perusahaan dalam mendukung penerapan teknologi pertanian dan pengolahan lahan, serta metode pemupukan menggunakan produk PKT yang dipastikan ramah terhadap lingkungan.

"Melalui demplot ini, kita bisa menjadikan lahan bekas tambang sebagai kawasan konservasi maupun ruang terbuka hijau sesuai konsep arboretum Tengkawang, sehingga memiliki manfaat dan nilai guna bagi lingkungan dan masyarakat," ujar Heri, Kamis (18/11/2021).

Menurut dia, perbaikan dan pemulihan kualitas lingkungan menjadi salah satu komitmen PKT dalam menekan deforestasi hutan, melalui upaya pelestarian alam secara berkesinambungan.

Bagaimana tingkat kesuburannya? Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Keren! Lahan Bekas Tambang Disulap Jadi Replika Candi"
[Gambas:Video 20detik]