Gojek Gandeng Perusahaan Luhut Kembangkan Energi Terbarukan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 18 Nov 2021 19:00 WIB
Ilustrasi Layanan Gojek
Foto: Gojek
Jakarta -

Gojek dan TBS Energi Utama berkolaborasi membentuk perusahaan patungan bernama Electrum.

Dengan perusahaan patungan ini diharapkan keduanya bisa mendukung pemerintah untuk pengembangan industri kendaraan listrik sebagai prioritas nasional.

Sekadar informasi TBS Energi Utama Tbk (TOBA) merupakan emiten batu bara yang sahamnya dipegang oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Sebelumnya TBS Energi Utama merupakan PT Toba Bara Sejahtra Tbk yang berganti nama pada 26 Agustus 2020 lalu.

Memang saat ini TBS Energi Utama masuk ke industri renewable energy dan clean energy. Hal ini demi mencapai nol emisi pada 2030.

Nantinya Gojek dan TBS akan mengembangkan usaha bisnis bidang manufaktur kendaran listrik roda dua, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, hingga pembiayaan untuk pemilikan kendaraan listrik.

CEO Gojek Kevin Aluwi menjelaskan ini adalah perusahaan patungan nasional pertama di bidang kendaraan listrik. "Kami berharap upaya ini dapat mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan berkontribusi kepada penanggulangan perubahan iklim di Indonesia. Kendaraan listrik merupakan masa depan bagi sektor transportasi dan kami memastikan hal tersebut dapat terwujud lebih cepat melalui kolaborasi ini," kata dia dalam konferensi pers, Kamis (18/11/2021).

Bersambung ke halaman selanjutnya.