Nggak Nyangka! RI Punya Deretan 'Harta Karun' Ini yang Jadi Rebutan Dunia

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 20 Nov 2021 16:00 WIB
Indonesia disebut memiliki 512 titik harta karun yang tersebar di tambang timah. Harta karun ini disebut-disebut mempunyai nilai investasi yang sangat besar dan dunia pun sedang berlomba-lomba mencarinya.
Nggak Nyangka! RI Punya Deretan 'Harta Karun' Ini yang Jadi Rebutan Dunia/Foto: Rachman_punyaFOTO

Manfaat Logam Tanah Jarang

Manfaat harta karun yang dicari banyak orang ini sangat banyak, seperti untuk industri baterai, nuklir, dari induknya yaitu monazite lalu beberapa unsur atau produk turunannya bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

"Disebut harta karun ya bisa dibilang begitu, karena memang potensi harganya luar biasa dan langka. Makanya mineral ini dapat dihargai sangat tinggi. Saat ini kita masih lakukan feasibility study, untuk pilot project sudah dilakukan dalam skala kecil, kita juga mengamankan sisa hasil penambangan kita," imbuh Agung.

Potensi Harta Karun RI

Agung memaparkan, hingga saat ini belum ada data pasti terkait potensi sumber daya mineral ikutan, pasalnya ini merupakan mineral ikutan dari tambang timah.

"Kalau teknologi bisa dilakukan kerjasama, tapi yang terpenting adalah sumber daya yang harus kita pastikan secara pasti datanya. Dari PT TIMAH sudah memulai hal ini dari medio 2020. Dalam eksplorasi juga kita harus sangat hati-hati karena ini mineral radioaktif," tutur Agung.


(ara/fdl)