5 Fakta DME Bakal Gantikan LPG buat Masak, Ibu-ibu Perlu Tahu!

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 22 Nov 2021 15:32 WIB
Infografis sederet fakta DME yang bakal ganti LPG buat masak
Foto: Infografis detikcom/Luthfy Syahban
Jakarta -

Pemerintah berencana untuk mengganti penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) dalam pemenuhan kebutuhan energi rumah tangga. Penggantinya adalah Dymethil Ether (DME).

Masyarakat Indonesia sendiri tebilang sudah cukup lama menggunakan LPG untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak. Jauh sebelumnya LPG hadir menghapus penggunaan minyak tanah.

Nah kali ini pemerintah akan melakukan hal serupa, menghapus penggunaan LPG untuk rumah tangga dan digantikan dengan DME. Peralihan LPG ke DME sendiri akan dilakukan pada 2035 mendatang.

Merangkum sederet pemberitaan detikcom, berikut fakta-fakta terkait DME:

1. Pengertian DME

Dikutip dari afdc.energy.gov DME ini adalah alternatif bahan bakar yang diproduksi dengan mesin yang dirancang khusus. Bahan bakunya berasal dari batubara berkalori rendah yang kemudian diolah melalui gasifikasi.

2. Karakter DME

Berdasarkan jurnal yang ditulis oleh Eric D Larson dan Isaias de Carvalho Macedo berjudul Energy for Sustainable Development disebutkan jika DME ini memiliki karakter yang mirip dengan LPG untuk bahan bakar memasak di rumah tangga.

Selain itu DME ini juga lebih bersih dibandingkan bahan bakar lainnya. DME ini bisa terbuat dari bahan baku karbon, seperti gas alam, batu bara atau biomassa.

Masih ada poin 3, 4, dan 5 yang nggak kalah penting. Langsung klik halaman berikutnya