Sempat Diguyur Hujan, Sirkuit Mandalika Nggak Byarpet

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 22 Nov 2021 22:11 WIB
Safety Car melakukan inspeksi lintasan saat hujan mengguyur Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (20/11/2021). Race 1 WorldSBK resmi ditunda karena cuaca buruk dan akan digelar pada Minggu 21 November 2021 pukul 11.00 WITA. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Ajang putaran akhir WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika sempat terkendala oleh hujan yang lebat. Meski begitu, seluruh rangkaian hingga pasokan listrik di Sirkuit Mandalika tetap dalam kondisi aman.

Hujan membuat sesi balapan pertama WSBK Mandalika 2021 terpaksa ditunda karena jarak pandang para pembalap nol. Meski situasi di hari kedua tetap hujan, balapan dapat berlangsung dengan lancar dan menghasilkan juara dunia baru asal Turki, Toprak Razgatlıoğlu.

Di tengah guyuran hujan lebat, seluruh rangkaian kegiatan dapat terselenggara dengan lancar. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyampaikan PLN memberikan layanan terbaik pada gelaran akbar internasional WSBK Mandalika yang diharapkan dapat membawa harum nama Indonesia di mata dunia.

"PLN komitmen untuk melistriki dengan kualitas yang andal dan baik. Sejauh ini, hingga akhir WSBK, PLN dapat menghadirkan listrik sesuai dengan harapan," tutur Zulkifli dalam keterangan tertulis, Senin (22/11/2021).

Zulkifli menjabarkan, PLN menyiapkan 2 jalur utama yang disuplai dari Gardu Induk (GI) Kuta dan GI Sengkol sejak bulan Desember 2020. Seluruh persiapan dilakukan untuk merealisasikan layanan zero down time, yaitu listrik layanan tanpa kedip dengan cara penyediaan sistem suplai berlapis.

Pasokan utama berasal dari sistem kelistrikan Lombok, yang didukung dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) dan genset sebagai cadangan pasokan. PLN telah menyiapkan 9 unit UPS berkapasitas total 1.070 kilo Volt Ampere (kVA) dan 7 unit genset dengan total kapasitas 3.200 kilo Watt (kW) sebagai back up apabila terjadi gangguan pada pasokan utama.

Bersambung ke halaman berikutnya Langsung klik

Tonton juga Video: Saat Toprak 'Mandiin' Jules Cluzel Kala Hujan Guyur Sirkuit Mandalika

[Gambas:Video 20detik]