Darmawan Prasodjo Bos Baru PLN dan Sederet PR yang Menanti

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 07:00 WIB
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikcom
Jakarta -

Kepemimpinan Zulkifli Zaini di PT PLN (Persero) telah berakhir. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mengangkat Darmawan Prasodjo menjadi direktur utama.

Ada banyak PR yang harus diselesaikan Darmawan. Mulai dari oversupply listrik sampai dengan kinerja keuangan perseroan.

Dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Darmawan menyampaikan dia mendapatkan banyak arahan dari Erick Thohir.

"PLN saat ini mengalami over supply, nah oleh karena itu harus diselesaikan dengan baik," kata dia dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Senin (6/12/2021)

Darmawan menyebutkan PLN juga mempersiapkan diri untuk menjalankan program karbon netral pada 2060. PLN diminta untuk bertransisi agar program bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya dia juga ditugaskan untuk melakukan restrukturisasi korporasi agar PLN menjadi perusahaan yang lebih lincah dan gesit dalam menghadapi tantangan bukan hanya sekarang tapi juga di masa depan.

Darmawan mengungkapkan, Erick juga mengarahkan transformasi untuk kinerja keuangan. Selama ini kinerja keuangan PLN sudah berjalan dengan baik karena itu perlu dilanjutkan terkait penyelesaian utang.

"Arahan Kementerian BUMN agar ke depan PLN jauh lebih kokoh sehingga bisa menerangi seluruh negeri dan lebih baik dan PLN bisa bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih baik lagi," jelas dia.

(kil/eds)