ADVERTISEMENT

Utang PLN Tembus Ratusan Triliun, Anggota DPR ke Dirut: Saya Kasihan

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 14 Des 2021 17:45 WIB
Dirut PLN Darmawan Prasodjo
Dirut PLN Darmawan Prasodjo/Foto: Iswahyudi/20detik
Jakarta -

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo hari ini melakukan rapat perdana dengan Badan Legislasi DPR RI. Rapat kerja itu membahas terkait harmonisasi RUU tentang Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menariknya salah satu anggota Baleg DPR RI, Darmadi Durianto memberikan peringatan kepada Darmawan di sela-sela pernyataannya dalam rapat.

"Pak Dirut ini orang cerdas, disiapkan dengan baik, anak muda yang luar biasa," tuturnya, Selasa (14/12/2021).

Darmadi kemudian mengingatkan Darmawan bahwa menjadi Dirut PLN bukanlah hal yang patut direspons dengan gembira. Justru menurutnya itu merupakan tantangan yang berat.

"Saya kasihan sama PLN, Pak Darma sebenarnya masuk ke PLN bukan sesuatu yang menggembirakan loh pak. Bapak menghadapi tantangan yang luar biasa berat sekali," tuturnya.

Salah satu tantangan besar yang harus dihadapi bos PLN menurut Darmadi adalah utang yang menggunung. Saat ini utang PLN disebut sudah mencapai Rp 650 triliun.

"Saya nggak tahu nanti bagaimana di akhirnya nanti. Karena utangnya saja sudah Rp 650 triliun, Rp 650 triliun loh pak. Kami di Komisi VI sering bahas," tutur Darmadi yang juga menjadi anggota Komisi VI DPR.

Berapa utang PLN sebenarnya? Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT