Kelakar Sri Mulyani soal Dirut Baru PLN Darmo: Jangan Dipanggil Terbalik

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 17:20 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi anggota dewan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan kerangka kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM PPKF) tahun 2022, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/05/2021).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berkelakar mengenai Direktur Utama (Dirut) baru PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo yang kerap disapa Darmo. Sri Mulyani mengingatkan agar nama Darmo jangan disebut secara terbalik.

Hal itu dia sampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI membahas penyertaan modal negara (PMN) untuk badan usaha milik negara (BUMN), turut dihadiri pimpinan BUMN penerima PMN, Rabu (15/12/2021).

"Untuk sektor energi tadi telah digarisbawahi oleh Pimpinan (Komisi XI) dan terutama sekarang ada Dirut yang baru, Pak Darmo, tidak boleh dibalik, Pak, harus Pak Darmo," kata Sri Mulyani yang membuat peserta rapat tertawa.

"Pak Darmo sendiri nggak boleh di... jangan dipanggil terbalik, malah Bapak panggil terbalik jadinya," sambungnya.

Lantas Sri Mulyani melanjutkan pemaparannya mengenai PMN untuk PLN. Perusahaan listrik negara itu menerima suntikan modal negara hampir setiap tahun.

"Tentu PMN yang diberikan kepada PLN yang secara kontinyu hampir tiap tahun itu memang tujuannya pada misi pembangunan terutama pada distribusi, transmisi atau daerah-daerah terpencil," jelasnya.

Namun Sri Mulyani mendorong agar PLN bisa memberikan perhatian kepada energi baru terbarukan (EBT) atau renewable energy sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita berharap untuk renewable energy yang Bapak Presiden telah menyampaikan berkali-kali akan menjadi salah satu strategi untuk terus dikembangkan, ini bersama-sama dengan policy pemerintah mengenai energi termasuk energy transition mechanism agar kita bisa mencapai tidak hanya target bauran 23% tapi juga net zero emission seperti yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden," tambahnya.

Simak juga Video: Dianggap Sebagai Orangnya Luhut, Darmawan Prasodjo: Saya Profesional

[Gambas:Video 20detik]




(toy/ara)