Bukan Bongkahan Emas, Ini Penampakan Hasil Tambang Freeport

ADVERTISEMENT

Bukan Bongkahan Emas, Ini Penampakan Hasil Tambang Freeport

Mustiana Lestari - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 17:31 WIB
Freeport
Foto: Grandyos Zafna

Konsentrat ini yang sering disalah artikan sebagai bongkahan atau batangan emas. "Ada emasnya iya tapi kita tambangnya adalah tambang tembaga. Sementara emas dan perak adalah produk ikutan dari tembaga itu tadi. Dari 1 ton bijih yang ditambang mengandung kadar tembaga 1-1,5%, sementara kadar emasnya 0,5-1 gram per ton. Dari produksi bijih 150-180 ribu ton per hari dihasilkan 8.000 - 9.000 ton konsentrat tembaga per hari," tambah pria yang sudah bekerja selama 27 tahun di PTFI.

FreeportFreeport Foto: Grandyos Zafna

Konsentrat yang akan dikirim ke pabrik peleburan atau smelter ini bertekstur mirip semen halus yang berwarna abu-abu tua dengan bau logam yang kentara.

Konsentrat ini dikirim ke pabrik peleburan dan pemurnian atau smelter, termasuk ke smelter yang dibangun PTFI sejak 1996 di Gresik, Jawa Timur, untuk dijadikan produk katoda tembaga yang kemudian digunakan pada industri hilir turunan tembaga, misalnya alat-alat elektronik, produk otomotif, produk manufaktur dan sebagainya.

emas freeportemas freeport Foto: Mustiana Lestari

Sebagai informasi, detikcom bersama MIND ID mengadakan program Jelajah Tambang berisi ekspedisi ke daerah pertambangan Indonesia. detikcom menyambangi kota-kota industri tambang di Indonesia untuk memotret secara lengkap bagaimana kehidupan masyarakat dan daerah penghasil mineral serta bagaimana pengolahannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/ jelajahtambang.


(mul/akn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT