Bikin Kaget! Ternyata Garuda Isi Bensin Pakai Avtur Eceran

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 23 Des 2021 14:55 WIB
Runut Kisruh Laporan Keuangan Garuda
Foto: Tim Infografis/Mindra Purnomo
Jakarta -

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan bicara soal Garuda Indonesia saat ini menggunakan avtur eceran. Menurutnya, PT Pertamina (Persero) selaku penyedia avtur tak lagi memberikan stok besar-besaran avtur untuk Garuda.

Maka dari itu Garuda sampai saat ini cuma terbang dengan 11 pesawat. Menurut Dahlan jumlah itu adalah jumlah terbang paling minimal dalam beberapa tahun terakhir.

"Garuda masih bisa tetap terbang. Sampai Kamis lalu. Biarpun hari itu hanya terbang dengan 11 pesawat. Itu lah hari terbang paling minimal bagi Garuda. Setidaknya selama banyak tahun terakhir," ungkap Dahlan dilansir dari tulisannya yang berjudul 'Avtur Eceran' di disway.id, Kamis (23/12/2021).

Sebenarnya menurut Dahlan Garuda masih punya 40 lebih pesawat. Masalahnya adalah mau diterbangkan pakai bahan bakar apa? Dahlan bilang Pertamina sudah tidak mau lagi memasok avtur karena utang yang besar.

"Utang avturnya ke Pertamina sudah sekitar Rp 16 triliun. Bahkan ketegasan Pertamina itu sudah sangat telat. Pertamina sudah terlalu baik pada Garuda," kata Dahlan.

Lalu kenapa 11 pesawat tadi masih bisa terbang? Menurut Dahlan kini Pertamina cuma memasok avtur ke Garuda sesuai dengan bayaran. Bayar dulu, avtur datang. Karena keuangan yang minim, maka dari itu avtur yang ada cuma sedikit.

"Satu-satunya toleransi yang masih diberikan Pertamina adalah boleh dapat BBM asal bayar kontan. Sebelum ada uang masuk ke rekening Pertamina, BBM tidak akan dikucurkan. Seberapa masuknya uang, segitulah BBM yang diisikan pesawat," papar Dahlan.

Menurut Dahlan metode macam ini sebenarnya dapat membantu menyehatkan Garuda. Jadi Garuda dipaksa tidak berutang banyak untuk avtur. Dia menyebutkan dengan metode begitu, Garuda jadi dipaksa sehat keuangannya.

"Maka sebenarnya Pertamina memang bisa 'membantu' menyehatkan Garuda secara tidak langsung. Dengan cara Pertamina bersikap keras seperti itu. Sejak dulu. Agar Garuda bisa sehat. Terpaksa sehat. Dan lagi, Pertamina pun tidak sampai punya tagihan segajah itu," ujar Dahlan.

Simak juga Video: Jelang Akhir Tahun, Garuda Tebar Diskon Tiket Pesawat

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)