Terpopuler Sepekan

Daftar Bos Batu Bara yang Ekspornya Disetop Jokowi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 08 Jan 2022 12:45 WIB
Harga batu bara belum beranjak jauh dari level terendahnya. Selasa (3/11) harga batubara kontrak pengiriman Desember 2015 di ICE Futures Exchange bergerak flat dibanding sehari sebelumnya di US$ 53,15 per metrik ton. Rachman Haryanto/detikcom.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Ekspor batu bara disetop sementara oleh pemerintah mulai 1-31 Januari 2022. Keputusan itu diambil untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik dalam negeri.

Presiden Jokowi bahkan mengancam mencabut izin perusahaan yang tidak mematuhi kewajiban pemenuhan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri (DMO).

Tapi tahukah kamu siapa saja pengusaha besar Tanah Air yang menjalankan bisnis batu bara? Berikut rangkumannya yang dikumpulkan detikcom.

1. Garibaldi Thohir

Forbes mencatat, kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir ini berada di urutan ke-17 orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya tercatat US$ 2,6 miliar.

Sumber kekayaan pria yang akrab disapa Boy Thohir ini salah satunya berasal PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Perusahaan ini memiliki bidang usaha utama pertambangan batu bara.

Selain sebagai Presiden Direktur, Boy Thohir merupakan pemegang saham Adaro. Ia tercatat menggenggam saham Adaro dengan porsi 6,18%.

2. Edwin Soeryadjaya

Seperti dikutip Forbes, Edwin memiliki kekayaan US$ 1,51 miliar dan menempatkannya sebagai orang terkaya di Indonesia nomor 29. Kekayaannya berasal dari batu bara dan investasi.

Ia merupakan salah satu pendiri PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Pria yang juga putra pendiri PT Astra Internasional Tbk ini juga menggenggam 3,29% saham PT Adaro Energy Tbk.

Daftar Bos Batu Bara lainnya di halaman selanjutnya. Langsung klik

Saksikan juga: Tangis Rindu Pak Ogah Pada Pak Raden

[Gambas:Video 20detik]