ADVERTISEMENT

Sebut Ekspor Batu Bara Jalan Lagi, Luhut: Belasan Kapal Dilepas

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 11 Jan 2022 07:00 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan (dok. YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan (dok. YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ekspor batu bara kembali diizinkan. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan belasan kapal batu bara sudah siap berlayar ke luar negeri mulai hari ini.

Setidaknya ada 14 kapal yang sudah memiliki muatan penuh batubara dan sudah dibayar oleh pihak pembeli akan dilepas ke luar negeri.

Kapal-kapal ini diverifikasi oleh Ditjen Minerba dan Ditjen Perhubungan Laut (Hubla). Bakamla juga perlu melakukan pengawasan supaya jangan sampai ada kapal yang keluar di luar list yang sudah diverifikasi oleh Ditjen Minerba dan Hubla.

"Ada berapa belas kapal yang sudah berisi batu bara, telah diverifikasi malam ini, besok mulai dilepas," ungkap Luhut ditemui di kantornya, bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (10/1) malam.

Sementara itu, untuk ekspor batu bara secara luas nantinya akan dibuka secara bertahap. Perusahaan apa saja yang akan boleh mengekspor batu bara akan kembali dievaluasi mulai hari Rabu.

"Kapan mau dibuka ekspor semua? Itu secara bertahap kita lihat mulai Rabu," ungkap Luhut.

Sebelumnya, di awal Januari ini pemerintah sempat melakukan pelarangan ekspor batu bara karena cadangan batu bara untuk kebutuhan pembangkit listrik mengalami krisis. Larangan berlaku selama sebulan mulai tanggal 1 hingga 31 Januari 2022.

Di samping itu, Luhut juga memaparkan akan ada skema baru dalam rangka pemenuhan batu bara PLN. Saat ini PLN akan diarahkan untuk membeli batu bara dengan harga pasar bukan lagi harga Domestic Market Obligation (DMO) sebesar US$ 70 per ton.

Lanjut halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT