Ini Lho Profil PLN Batubara yang Luhut Minta Dibubarin

ADVERTISEMENT

Ini Lho Profil PLN Batubara yang Luhut Minta Dibubarin

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 11 Jan 2022 15:20 WIB
Sukses diresmikan hari ini, terminal batubara PLTU Jawa 7 akan beroperasi pada Oktober 2019 mendatang. Nantinya akan menerangi kebutuhan listrik Jawa-Bali.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta anak usaha PT PLN (Persero), yaitu PT PLN Batubara dibubarkan. Hal itu buntut krisis batu bara yang terjadi di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara perusahaan listrik negara tersebut.

Luhut meminta agar PLN tidak lagi membeli batu bara secara kontrak kepada trader untuk menjadi bahan bakar pembangkit listrik. PLN diharuskan membeli batu bara secara langsung kepada perusahaan batu bara.

"Nggak ada (beli lewat trader). PLN Batubara kita minta akan dibubarin," tegas Luhut ditemui di kantornya, Thamrin, Jakarta Pusat, kemarin Senin (10/1/2022).

Mengutip situs web resmi perusahaan, disebutkan bahwa PT PLN Batubara adalah anak perusahaan PLN yang didirikan pada 11 Agustus 2008. Tujuan pendiriannya untuk mengamankan pasokan batu bara untuk PLTU PLN dan anak perusahaan dengan harga yang efisien.

Kegiatan usaha PLN Batubara meliputi kegiatan penambangan batu bara, termasuk penyelidikan umum, eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan penyimpanan. Lalu kegiatan transportasi batu bara, yakni operasi dermaga dan pelabuhan bongkar dan muat.

Kemudian mereka juga melakukan kegiatan di bidang terkait, seperti coal blending, customization plant, liquification, dan gasification.

Selanjutnya kegiatan perniagaan batu bara dan derivatifnya, kegiatan pemberian jasa konsultasi dalam bidang industri pertambangan batu bara dan logistik lainnya.

PLN Batubara memiliki beberapa anak perusahaan, yaitu PT Jambi Prima Coal, PT PLN Batubara Niaga, dan PT PLN Batubara Investasi.

Selain itu mereka juga memiliki beberapa perusahaan afiliasi, yaitu PT Banyan Koalindo Lestari, PT Bangun Persada Jambi Energi, PT Mahakarya Abadi Prima, PT Musi Mitra Jaya, PT Sriwijaya Bara Logistic, dan PT Prima Bara Indonesia.

Lokasi tambang PLN Batubara tersebar di beberapa wilayah, yaitu Jambi untuk memasok batu bara ke PLTU Pangkalan Susu, PLTU Nagan Raya, PLTU Tj. Balai Karimun, PLTU Tanjung Kasam, PLTU Bangka, PLTU Tenayan, PLTU Sanggau, PLTU Ketapang, PLTU Gelang Batang

Di lokasi tambang Sumatera Selatan, PLN Batubara memasok ke PLTU Belitung, PLTU Tarahan Baru, PLTU Bukit Asam, PLTU Suralaya, PLTU Labuan, PLTU Pelabuhan Ratu, PLTU Teluk Naga, dan PLTU Indramayu.

Selanjutnya di lokasi tambang Kalimantan Timur, batu bara dipasok ke PLTU Teluk Balikpapan, PLTU Amurang, PLTU Holtekamp, dan PLTU Tidore. Terakhir di Kalimantan Selatan, mereka memasok ke PLTU Pulang Pisau, PLTU Sampit, PLTU Paiton Baru, PLTU Tanjung Awar-Awar, PLTU Rembang, PLTU Cilacap, PLTU Pacitan, PLTU Barru, PLTU Kendari, dan PLTU Kupang.

(toy/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT