Luhut Minta PLN Batubara Dibubarkan!

ADVERTISEMENT

Luhut Minta PLN Batubara Dibubarkan!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 21:00 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta anak usaha PT PLN (Persero), yaitu PT PLN Batubara dibubarkan.

Luhut meminta agar PLN tidak lagi membeli batu bara secara kontrak kepada trader untuk menjadi bahan bakar pembangkit listrik. PLN diharuskan membeli batu bara secara langsung kepada perusahaan batu bara.

"Nggak ada (beli lewat trader). PLN Batubara kita minta akan dibubarin," tegas Luhut ditemui di kantornya, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022).

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir pun tengah melakukan kajian terkait kelangsungan PT PLN Batubara. Erick juga tak menutup kemungkinan akan mengurangi anak usaha PLN.

"Ini (PLN Batubara) salah satu yang akan kita tinjau apakah perusahaan ini nanti dimerger, ditutup ataupun apapun, belum mengambil keputusan itu karena kan kita tidak mungkin mengambil keputusan mendadak. Ini yang kita lagi pelajari, dan bukan nggak mungkin juga, berapa banyak lagi anak-anak perusahaan PLN yang harus kita juga kurangi," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (6/1/2022).

Kata Erick, PLN Batubara selama ini dinilai menjadi kepanjangan birokrasi di dalam tubuh PLN. Maka dari itu, perusahaan itu sedang ditinjau untuk ditutup.

"Salah satunya adalah tadi bagaimana kita juga me-review keberadaan PLN Batubara, PT PLN Batubara yang merupakan anak perusahaannya. Jangan sampai ini menjadi kepanjangan lagi birokrasi yang tidak penting," ujar Erick.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT