Larangan Ekspor Batu Bara RI Diprotes Negara Lain, Luhut: Kita Longgarkan

ADVERTISEMENT

Larangan Ekspor Batu Bara RI Diprotes Negara Lain, Luhut: Kita Longgarkan

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 17:21 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan (dok. YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan (dok. YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang ekspor batu bara sementara mulai menimbulkan tanggapan dari beberapa negara. Mulai dari Jepang, Korea Selatan hingga Filipina protes kebijakan itu karena mereka butuh suplai batu bara dari Indonesia.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun buka suara terkait hal itu. Luhut hanya bilang akan mulai dilonggarkan dan akan diselesaikan.

"Sekarang kita mulai longgarkan. Sekarang lagi kita selesaikan. Hari-hari ini, hari ini, besok," jawabnya singkat di Istana, Jakarta, Senin (10/1/2022).

Luhut tidak menjelaskan lebih jauh maksud perkataannya. Namun dia menegaskan bahwa pemerintah sedang menyelesaikan kebijakan tentang pelarangan ekspor batu bara tersebut.

Dia juga menekankan bahwa pemerintah akan menjawab penolakan yang dilontarkan beberapa negara tersebut dalam waktu dekat.

"Nanti sore kita jawab atau besok," tuturnya.

Sekadar informasi, berbagai negara melayangkan protes kepada Indonesia karena melarang ekspor batu bara. Negara-negara yang menyampaikan keberatannya mulai dari Jepang, Korea Selatan, hingga Filipina.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor batu bara sejak 1 Januari 2022 lantaran PT PLN (Persero) mengalami krisis batu bara sehingga berpotensi menyebabkan pemadaman listrik.

(das/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT