Menteri ESDM Rapat Bareng DPR, Bahas Krisis Batu Bara-Izin Tambang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 11:06 WIB
Komisi VII DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif. Salah satu hal yang dibahas dalam rapat ituadalah wacana kenaikan harga elpiji 3 kg.
Menteri ESDM Arifin Tasrif/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Komisi VII DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif siang ini. Rapat membahas sejumlah agenda salah satunya pemenuhan domestic market obligation (DMO) atau kebutuhan dalam negeri batu bara.

Rapat dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. Rapat ini dipimpin Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto. Sugeng mengatakan, rapat dihadiri oleh 28 anggota dari 8 fraksi, sehingga rapat telah memenuhi kuorum.

"Berdasarkan dari data sekretariat anggota Komisi VII DPR yang telah hadir berjumlah 28 anggota dari 51 anggota Komisi VII yang terdiri 8 fraksi dari 9 fraksi yang ada. Dengan demikian kuorum sebagaimana ditentukan Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib Pasal 281 Ayat 1 telah terpenuhi," katanya membuka rapat, Kamis (13/1/2022).

Dia mengatakan, setiap rapat bersifat terbuka kecuali dinyatakan tertutup. Pada rapat ini, ia menyatakan rapat bersifat terbuka dan disetujui peserta rapat.

"Rapat kerja Komisi VII dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum," katanya.

Adapun agenda rapat yakni rencana penetapan wilayah pertambangan 10 provinsi, program Kementerian ESDM tahun 2022, kebijakan pemenuhan DMO batu bara, penjelasan terkait pencabutan izin perusahaan-perusahaan tambang, dan lain-lain.

Sugeng mengatakan, pada awal 2022 ada fenomena yang perlu menjadi perhatian bersama yakni ancaman potensi krisis energi, khususnya batu bara.

"Seperti kita ketahui di awal 2022 ini fenomena yang perlu menjadi perhatian kita bersama di mana terjadi potensi krisis energi primer khususnya batu bara bagi ketenagalistrikan negara kita. Hal ini perlu disikapi secara serius mengingat Indonesia sudah memiliki kebijakan DMO," terangnya.

Simak juga video 'Pemerintah Cabut Larangan Ekspor Batu Bara, PKS: Kebijakan Plin-Plan':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)