PLN Batubara Bakal Dibubarkan, Ini 3 Hal yang Perlu Diketahui

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 20:00 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu 2x200 Mega Watt (MW) di desa Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara adalah pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batubara. merupakan PLTU yang termasuk program percepatan (Fast Track Program/FTP) 10 ribu MW tahap II. ist/agus/humas pln/detikfoto
Ilustrasi/Foto: poll
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta anak usaha PT PLN (Persero), PT PLN Batubara dibubarkan. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo buka suara.

1. Diperkirakan Tahun Ini

Erick Thohir menjelaskan bahwa eksekusi pembubaran PLN Batubara dimungkinkan dilaksanakan tahun ini.

"(Pembubaran PLN Batubara) akhir tahun ya kali," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (19/1/2022).

Pembubaran menjadi salah satu opsi selain penggabungan usaha (merger). Opsi merger sudah pernah dilakukan terhadap BUMN pangan.

"PLN Batubara ya bisa saja ditutup. Opsinya ada dua kan, dimerger atau ditutup," tambah Erick.

2. Sederhanakan Bisnis PLN

Darmawan menjelaskan pihaknya telah mendapatkan arahan dari Erick Thohir untuk melakukan tinjauan secara menyeluruh mengenai rantai pasok batu bara.

"Arahan beliau adalah bagaimana rantai pasok yang saat ini teridentifikasi, terfragmentasi bisnis yang sangat kompleks, panjang, berbelit-belit, disederhanakan, di mana ada titik lengah, dipercepat," jelasnya.

3. Opsi Pembubaran Ditinjau

PLN pun sedang meninjau rencana likuidasi atau pembubaran PT PLN Batubara, apabila memang organisasi di PLN harus diubah agar proses bisnis dan rantai pasok yang tadinya tidak andal dan penuh risiko, menjadi rantai pasok yang andal, efisien dan efektif.

"Maka semua dilakukan termasuk salah satunya adalah kita sedang melakukan review secara bisnis proses, legal, operasional dan struktur organisasi maupun sumber daya manusia untuk menuju arah ke likuidasi dari PLN Batubara agar bisnis prosesnya, rantai pasoknya bisa berjalan lebih efektif dan efisien," tambah Darmawan.

(toy/eds)