Pagar Alam Disebut Satu-satunya Kota di RI yang Manfaatkan EBT 100%

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 26 Jan 2022 11:15 WIB
Jokowi dan Herman Deru
Foto: dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Salah satu kota yang berada di Sumatera Selatan yaitu Kota Pagar Alam memanfaatkan sumber daya alam menjadi sumber energi. Kota ini memanfaatkan tenaga mikrohidro untuk mensuplai sumber listrik di wilayahnya.

Bahkan, Pagar Alam disebut sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang telah 100% menerapkan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) sebagai sumber energi yang masuk dalam kategori Energi Baru Terbarukan (EBT).

Gubernur Sumsel H Herman Deru menuturkan suplai energi listrik dengan memanfaatkan energi hijau di Pagar Alam tersebut menandakan jika masyarakat mampu menjaga seluruh komponen ekosistem alam.

"Seperti hutan yang masih baik, pohon tidak ditebang sembarangan. Tentu berpengaruh terhadap Daerah Aliran Sungai sehingga bisa dijadikan sumber energi kelistrikan melalui PLTA tersebut," kata Herman dalam keterangan tertulis, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya, jika tidak adanya komitmen dari pemerintah dan masyarakat dalam menjaga lingkungan, tentu pemanfaatan SDA sebagai EBT tidak akan bisa terealisasi.

"PLTA itu tidak mungkin berfungsi dengan baik jika ekosistem alamnya rusak. Kelestarian ekosistem alam ini sudah menjadi komitmen kami (Pemprov)," tuturnya.

Herman juga berencana akan menjadikan Pagar Alam menjadi green city atau kota hijau pertama sebagai percontohan di Indonesia.

"Tidak hanya energi utama yang menggunakan EBT, kita berencana membuat Pagar Alam sebagai green city yang dimulai dengan pemanfaatan kendaraan yang menggunakan energi listrik," ungkapnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.