5 Fakta Nasib Warga Desa Miliarder Tuban yang Kini Bikin Pilu

Ainur Raofiq, Iffa Naila Safira - detikFinance
Rabu, 26 Jan 2022 14:14 WIB
kampung miliarder di tuban
Foto: Ainur Rofiq
Jakarta -

Setahun yang lalu, warga di sebuah desa di Tuban menjadi miliarder berkat uang ganti rugi hasil pembebasan tanah untuk pembangunan proyek kilang pertamina yang mencapai miliaran Rupiah. Tetapi, kini kondisi mereka cukup memprihatinkan.

Faktanya, uang ganti rugi tersebut tidak digunakan seoptimal mungkin. Hingga mereka harus menjual ternak untuk bertahan hidup. Berikut sederet fakta yang dirangkum detikcom, Rabu (26/01/2022).

1. Sempat Tajir Mendadak

Beberapa waktu lalu, Desa Tuban disebut-sebut sebagai Kampung Miliarder. Sebab, banyak warganya yang mendapat uang ganti rugi pembebasan lahan dari pertamina untuk proyek kilang hingga miliaran Rupiah .

Total ada 27 warga yang hidupnya pas-pasan berbalik menjadi kaya mendadak dan dikenal miliarder. Dengan uang yang mencapai miliaran Rupiah, banyak warga desa yang memilih untuk membeli mobil mewah, dan merenovasi atau membangun sebuah rumah.

2. Borong Mobil Meski Belum Lancar Nyetir

Sontak, warga kampung miliarder di Tuban ini sempat menjadi sorotan warganet. Setelah viral karena berbondong-bondong membeli mobil mewah, warga desa tersebut kembali viral karena banyak mobil mereka yang masuk bengkel karena rusak.

Menurut penjelasan dari Branch Manager Auto 2000 Tuban, Arie Soerjono kepada detikcom, Rabu (24/02/2021) silam, ada banyak faktor yang membuat belasan mobil tersebut mengalami kerusakan. Seperti kurang mahirnya para pemilik mobil dalam mengemudi dan sempitnya jalan di perkampungan, serta terganggu pagar rumah.

Lihat juga video 'Kisah 4 Desa di RI yang Warganya Mendadak Jadi Miliarder':

[Gambas:Video 20detik]



Masih banyak fakta-fakta lainnya. Cus klik halaman selanjutnya untu tahu lebih banyak.