Ini Dia Pembangkit Listrik Kapal, Penerang Daerah Terpencil

Nada Zeitalini - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 22:20 WIB
PT PLN (Persero) dan PT PAL Indonesia berhasil berkolaborasi membangun Pembangkit Listrik Kapal atau Mobile Power Plant (MPP) modern.
Foto: Dok. PLN

Darmawan juga mengapresiasi sinergi yang dilakukan bersama PAL ini. Bentuk sinergi ini menjadikan produk yang efisien dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Pada kesempatan yang baik ini pula, kami berterima kasih kepada Dewan Direksi PT PAL Indonesia beserta jajarannya, dimana telah memberikan upaya terbaiknya dalam menyelesaikan BMPP tahap 1 ini di tengah kondisi pandemi," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Indonesia Power M Ahsin Sidqi menjelaskan nantinya BMPP ini akan melistriki Ambon melalui jaringan 150 kV. Pada akhir Januari, BMPP Nusantara 1 ini akan berlayar menuju Ambon dari Surabaya. Selanjutnya, pada 12 Februari BMPP Nusantara 1 akan mooring process.

"Segera setelah BMPP berlabuh di Ambon, akan dilaksanakan pekerjaan evakuasi daya, RLB, backfeeding, RLS, sinkron sampai dengan Laik Operasi BMPP, untuk mendukung sistem kelistrikan wilayah Ambon sebelum tanggal 31 Maret 2022," ujar Ahsin.

Ahsin menambahkan, ke depannya proyek BMPP 2 dan 3 Indonesia Power dan PT PAL akan membuat spesifikasi yang lebih baik lagi. Seperti misalnya, bisa digunakan untuk wilayah lebih terpencil ataupun siaga bencana.

"Khusus di daerah bencana. Kedua, ini bisa cepat mobilisasinya. Apa yang biar bisa bikin cepat bergerak. Ini kami kembangkan," ujar Ahsin.

Direktur Utama PT PAL Kaharuddin Djenod menjelaskan sinergi besar ini berhasil dijalankan di masa pandemi COVID-19. Hal itu memberi tantangan besar terhadap produktivitas dan capaian kinerja. Untuk rencana selanjutnya PT PAL juga berkomitmen untuk terus meningkatkan TKDN dari BMPP ini.

"Pembangunan BMPP ini memang melibatkan banyak pihak. Kami terus berusaha untuk meningkatkan TKDN dari proyek ini untuk BMPP ke 2 dan 3," jelas Kaharuddin.

Kaharuddin optimistis terhadap target COD dari BMPP Nusantara 1 meski di masa pandemi. PT PAL juga akan terus berusaha menjalankan proyek ini dengan aman dan optimal.

"Diharapkan proses delivery to site (Ambon) diberikan kelancaran dan proses commissioning sampai dengan Commercial Operation Date dapat dilaksanakan sesuai target," pungkasnya.


(akn/hns)