Arab Saudi Pindahkan Rp 1.144 T Saham Aramco ke Dana Investasi Publik

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 14 Feb 2022 10:53 WIB
Ilustrasi sektor migas
Foto: Ilustrasi Migas (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman telah mentransfer 4% saham Saudi Aramco senilai US$ 80 miliar, atau setara Rp 1.144 triliun ke Dana Investasi Publik (Public Investment Fund's/PIF)

Menyadur Reuters, Senin (14/2/2022), saham tersebut akan meningkatkan posisi keuangan PIF. Dana tersebut adalah kendaraan pilihan sang pangeran untuk mengubah ekonomi Saudi dan mendiversifikasi pendapatan yang selama ini bergantung pada minyak.

Negara tetap menjadi pemegang saham terbesar di Saudi Aramco setelah proses transfer karena mempertahankan lebih dari 94% saham perusahaan.

Pengalihan saham yang ada akan membantu meningkatkan aset yang dikelola PIF yang ditargetkan tumbuh menjadi sekitar 4 triliun riyal (US$ 1,07 triliun) pada akhir tahun 2025.

"Ini mendukung prospek penggalangan dana PIF secara internasional, termasuk obligasi, dan berpotensi mendukung penjualan saham Aramco di masa depan," kata kepala ekonom di Abu Dhabi Commercial Bank, Monica Malik.

Saudi Aramco mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa transfer itu adalah transaksi pribadi antara pemerintah dan dana negara.

"Perusahaan bukan pihak dalam transfer dan tidak mengadakan perjanjian atau membayar atau menerima hasil apa pun dari transfer itu," katanya.

Dikatakan langkah itu tidak akan mempengaruhi jumlah saham yang diterbitkan maupun operasi perusahaan, strategi, kebijakan distribusi dividen atau kerangka tata kelola. Dia menambahkan bahwa saham yang dialihkan akan memiliki peringkat yang sama di antara saham biasa lainnya yang ada.



Simak Video "Arab Saudi Resmi Cabut Larangan Warganya Bepergian ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)