COVID-19 Nggak Ngaruh! 6 Perusahaan Raksasa Dunia Ini Makin Cuan di 2021

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 10:06 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Sepanjang 2021 banyak perusahaan yang kondisinya menjadi tidak menentu akibat pandemi. Hanya saja, sejumlah perusahaan terbesar di dunia malah menjadi lebih besar di tahun ini.

Apple dan Microsoft selama setahun terakhir berhasil mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 3 triliun. Sementara itu masih ada Tesla dan perusahaan induk Facebook, Meta, yang keduanya mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 1 triliun untuk pertama kalinya.

Dari sejumlah perusahaan terbesar di dunia ini, semuanya kecuali Saudi Aramco adalah perusahaan teknologi AS, dan saat ini semuanya bernilai lebih dari US$ 1 triliun.

"Perusahaan-perusahaan teknologi yang masuk ke dalam klub senilai US$ 1 triliun ini hampir terlihat seperti secangkir kopi di Silicon Valley sekarang," kata Dan Ives, seorang analis teknologi di Wedbush Securities dikutip dari CNBC, Selasa (28/12/2021).

"Ini menunjukkan bahwa Big Tech berada dalam posisi yang tak tertandingi untuk keluar dari pandemi," jelasnya lagi.

Berikut 6 perusahaan teknologi terbesar:

1. Apple (+30%)

Kapitalisasi pasar awal tahun: US$ 2,2 triliun
Kapitalisasi pasar akhir tahun: US$ 2,9 triliun

Terlepas dari banyak masalah rantai pasokan yang mengganggu produksi produk-produk penting seperti iPhone, Apple berhasil menghabiskan tahun 2021 dengan langkah stabil menuju kapitalisasi pasar US$ 3 triliun.

Saham perusahaan tumbuh 30% sepanjang 2021, menambahkan US$ 659,8 miliar ke kapitalisasi pasarnya. Hal ini membuat Apple tetap menjadi perusahaan paling berharga di dunia dengan nilai sekitar US$ 400 miliar.

2. Microsoft (+50%)

Kapitalisasi pasar awal tahun: US$ 1,7 triliun
Kapitalisasi pasar akhir tahun: US$ 2,5 triliun

Perusahaan teknologi yang didirikan oleh Bill Gates telah menjadi bintang dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatkan fokusnya pada teknologi komputasi awan. Pada tahun 2021 saham Microsoft melonjak 50%.

Kapitalisasi pasar perusahaan melewati ambang US$ 2 triliun untuk pertama kalinya pada bulan Juni lalu dan akan melampaui Apple untuk menjadi perusahaan pertama yang bernilai US$ 3 triliun.

Lihat juga video 'Jokowi Minta Perusahaan IT Buka Program Magang Mahasiswa':

[Gambas:Video 20detik]



Berlanjut ke halaman berikutnya.