PLTA Poso, Pembangkit EBT Terbesar di RI Akhirnya Diresmikan

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Sabtu, 26 Feb 2022 11:00 WIB
Presiden Jokowi meresmikan PLTA Poso dan PLTA Malea di Sulawesi Tengah. Kehadiran dua PLTA ini menambah bauran EBT di sistem kelistrikan Sulawesi.
Foto: dok. PLN
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso Energy 515 MW dan PLTA Malea Energy 90 MW di Poso, Sulawesi Tengah.

Khusus PLTA Poso, dengan kapasitas 515 MW yang menjadikannya pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) terbesar di Indonesia Timur. PLTA Poso Energy 515 MW terletak di Poso, Sulawesi Tengah dan PLTA Malea Energy 90 MW terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Jokowi mengatakan hadinya PLTA ini mendukung energi hijau atau EBT. Di mana global saat ini juga sedang mendorong semua negara untuk menggeser pemakaian energi fosil ke energi hijau.

"Kita tahu sekarang global mendesak, mengajak, memberikan spot kepada semua negara untuk menggeser pemakaian energi fosil, utamanya batu bara untuk masuk semuanya ke energi hijau," jelas seperti disiarkan secara virtual dalam channel YouTube Setpres, Jumat (25/02/2022) kemarin.

Meski begitu, diakui Jokowi perpindahan itu bukan hal yang mudah karena sudah terlanjur banyak sekali Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Indonesia. Proses PLTA ini tidak lah sebentar. Dari perizinan PLN saja membutuhkan wakut lima tahun. Hal itu turut menjadi perhatian Jokowi.

Menurut Jokowi, perizinan hingga lima tahun itu terlalu lama. "Sekuat apapun orang mengurus izin negosiasi sampai lebih dari lima tahun kecapean mengurus izin, belum bekerja di lapangan," katanya.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menambahkan peresmian PLTA adalah upaya mewujudkan kemandirian energi di Sulawesi Tengah.

"Listrik adalah kebutuhan masa depan Sulawesi Tengah. Kita mendorong investasi dan industri digerakkan karena itu kehadiran sumber daya energi adalah kunci masa depan Sulawesi Tengah," ujarnya

Lebih lanjut, Rusdy Mastura menambahkan PLTA Poso dan PLTA Malea Energy akan membuat Poso dikenal sebagai sumber energi baru yang menerangi Sulawesi Tengah, bahkan nasional.

"Layakanya ikon baru PLN sebagai Power Beyond Generations, saya ingin menambahkan Poso Power Beyond Generations, bahwa generasi Poso yang baru adalah sumber energi baru bagi Sulawesi Tengah, bahkan nasional," jelasnya.

(fdl/fdl)