Dukung Konversi 1.000 Motor BBM ke Listrik, PLN Siapkan Infrastruktur

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 18 Mar 2022 17:13 WIB
Konversi 1.000 Motor BBM ke Listrik
Foto: PLN
Jakarta -

PT PLN (Persero) mendukung program konversi 1.000 unit motor bahan bakar minyak (BBM) ke motor listrik yang dicanangkan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Salah satunya dengan menyiapkan infrastruktur kelistrikan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan pihaknya mendukung langkah memasifkan kendaraan listrik melalui penyediaan infrastruktur, mulai dari stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU), dan Home Charging Station.

Hingga akhir 2021, lanjutnya, realisasi SPKLU yang dibangun di Indonesia telah mencapai 190 unit. Sedangkan di tahun ini jumlahnya ditargetkan mencapai 580 unit SPKLU untuk bisa digunakan para pemilik kendaraan listrik di Tanah Air.

Ia merinci hingga Februari 2022, ada total 267 unit charging station di 195 lokasi. Dari jumlah tersebut, total charging station yang dimiliki PLN sebanyak 120 unit dan tersebar di 92 lokasi.

"Dari tahun ke tahun jumlah SPKLU kita akan terus tambah untuk bisa mendukung ekosistem kendaraan listrik," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Darmawan menambahkan hingga Desember 2021 jumlah motor listrik yang ada di Indonesia mencapai 12.811 unit.

"Konversi ini juga salah satu langkah untuk kita semakin mandiri dalam ketahanan energi. Karena berpindah dari energi berbasis fosil ke berbasis domestik," terangnya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik