ADVERTISEMENT

RI Butuh 10 Pabrik Penyulap Batu Bara Jadi Pengganti LPG

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 12:56 WIB
A miner uses a hammer to crush rocks with ore at Tierra Amarilla town, near Copiapo city, north of Santiago, Chile, December 16, 2015. As copper prices have slid to a more than six-year low, miners laboring away at the countless smaller mines that pock mark the Atacama desert are finding the buckets of ore they spend all day digging from the ground are fetching less and less money.   Picture taken December 16, 2015. REUTERS/Ivan Alvarado
Foto: REUTERS/Ivan Alvarado
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menuturkan bahwa Indonesia menggelontorkan Rp 70 triliun untuk mensubsidi LPG. Menurutnya Indonesia harus menggalakkan gasifikasi batu bara untuk menekan ketergantungan terhadap LPG.

"LPG kita tadi Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) sampaikan ini yang namanya subsidi LPG sampai Rp 70 triliun," ujarnya dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).

Dia menjelaskan bahwa batu bara yang ada di Indonesia pada akhirnya tidak akan terpakai lagi karena akan beralih ke energi hijau (green energy). Jadi, batu bara yang tidak terpakai dapat disulap menjadi pengganti LPG, yakni DME melalui proses gasifikasi.

"Tentu karena ini bicara LPG, kita bisa proses (batu bara) untuk DME," sebut Erick.

Dia memaparkan bahwa 1 pabrik DME setidaknya bisa menghemat Rp 7 triliun. Tidak dijelaskan yang dimaksud hemat anggaran subsidi atau impor LPG.

Lanjut Erick, setidaknya Indonesia membutuhkan 8 hingga 10 pabrik gasifikasi batu bara untuk pengolahan DME. Dia mengajak perusahaan swasta juga terlibat sehingga BUMN tidak bekerja sendiri.

"Satu pabrik DME itu bisa menghemat Rp 7 triliun. Artinya kita memerlukan Rp 8-10 pabrik gasifikasi batu bara untuk DME, yang di mana tidak hanya BUMN, kita mengharapkan juga beberapa perusahaan batu bara swasta bisa mulai men-switch (mengalihkan) kepada DME sehingga ketergantungan kita LPG dengan negara lain bisa kita reduce (kurangi)," tambahnya.



Simak Video "Ada Proyek Pengganti LPG, Jokowi Sebut RI Hemat Rp 7 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT