ADVERTISEMENT

Alfamart Mulai Gunakan Listrik Tenaga Surya, Perdana di Karawang

Atta Kharisma - detikFinance
Kamis, 31 Mar 2022 19:20 WIB
Panel surya di Kantor Cabang Alfamart Karawang.
Foto: dok. Alfamart
Jakarta -

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) mulai menerapkan teknologi panel surya di beberapa kantor cabang dan gudang di beberapa wilayah Indonesia. Penerapannya dimulai dari Kantor Cabang Alfamart di Karawang, Jawa Barat.

Di tahun ini, Alfamart menargetkan bisa memasang listrik tenaga surya pada kantor cabang di 10 wilayah lainnya. Corporate Affairs Director Alfamart Solihin menjelaskan Alfamart aktif dan secara berkesinambungan menjalankan program clean and green.

"Mulai dari penanaman bibit pohon di berbagai wilayah di Indonesia, aktif menyuarakan Stop Kantong Plastik, pembangunan Kampung Alfamart, membersihkan pantai di program 'Bersihin Indonesia' hingga PLTS atap ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (31/3/2022).

Penggunaan panel surya di kantor cabang Karawang ini dikembangkan pada akhir 2021 hingga akhir Maret 2022. Alfamart menargetkan penurunan emisi karbon sebanyak 23 ton/bulan dan menyelamatkan setidaknya 1.250 pohon setiap bulannya.

Jika ditotal selama setahun, maka penurunan emisi karbon dapat mencapai 276 ton dan sebanyak 15.000 pohon terselamatkan berkat pembangunan PLTS atap di gudang Alfamart ini.

Solihin menambahkan selain untuk menghemat listrik, penggunaan PLTS sebagai sumber energi juga menjadi langkah pelestarian lingkungan jangka panjang.

"Kami bersyukur, Alfamart dapat terus berperan aktif menjaga lingkungan. Proyek PLTS ini sejalan dengan imbauan pemerintah untuk mendukung pengembangan energi terbarukan dengan mengandalkan energi surya. Efisiensi PLTS sangat besar manfaatnya kami rasakan. Tagihan listrik kami bisa hemat 25%," tuturnya.

Selain PLTS, Alfamart juga membuat program Go Green dengan tagline 'Sahabat Bumi' di berbagai lini, mulai dari kampanye bebas kantong plastik sekali pakai yang dimulai sejak tahun 2016, hingga aksi penanaman pohon yang masif di seluruh wilayah Indonesia.

Alfamart juga memperkenalkan reverse vending machine yang ditempatkan di beberapa toko untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap limbah botol plastik.

(prf/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT