Cadangan Gas Alam RI Melimpah, Bagaimana Biar Distribusinya Optimal?

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 15 Apr 2022 15:15 WIB
CNG GasLink
Foto: CNG GasLink (Istimewa: Gagas)
Jakarta -

Indonesia termasuk memiliki cadangan gas alam yang cukup berlimpah. Sumber daya alam ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal dalam kehidupan masyarakat.

Di Batam misalnya, infrastruktur gas bumi di Batam tersebar melewati beberapa Kawasan Industri dan pusat keramaian di Batam seperti Tanjung Uncan, Panbil, Batam Center, dan Lubuk Baja. Panjang Pipa telah mencapai 238 KM dan memiliki Station Panaran sebagai pintu distribusi gas bumi di Batam. Selain rumah tangga, PGN di area Batam melayani 57 pelanggan komersial dan 88 pelanggan kecil. Total penyerapan gas bumi di Batam sebanyak 81 BBTUD

Saat ini total pelanggan rumah tangga di area Batam sekitar 4700 pelanggan. PGN Area Batam juga sedang menyelesaikan 1329 Sambungan Rumah Tangga baru untuk produk GasKita Pintar. Untuk percepatan program jargas, tahun 2022 PGN Area Batam menargetkan 14 ribu sambungan baru.

Penyaluran gas kepada pelanggan rumah tangga dan komersial salah satunya melalui Gaslink CNG yang dilakukan subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk. Belum lama ini di Batam dilakukan penyaluran perdana gas bumi (gas in) di pelanggan rumah tangga dan komersial.

"Melihat jargas dan Gaslink CNG tadi saya cukup apresiasi. Saya lihat tadi yang jargas lebih aman, saya pikir safety nomor satu karena untuk perumahan. Kemudian cukup bersih dan instalasi pipa yang sedemikian rapi. Gaslink CNG juga aman, utamanya memang tentang safety. Kita sudah coba tadi di kompornya juga cukup bagus, warna apinya biru, dan akan lebih irit dari (bahan bakar) yang sebelumnya," ujar Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina M. Erry Sugiharto dalam keterangan tertulis, Jumat (15/4/2022).

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menegaskan bahwa peningkatan pemanfaatan gas bumi melalui moda CNG untuk segmen retail merupakan bagian strategi dalam program gasifikasi gas bumi Subholding Gas dan bertepatan pula dengan Kegiatan Safari Ramadhan untuk menyalurkan energi baik gas bumi ke masyarakat.

"Jargas rumah tangga dan Gaslink CNG menyalurkan energi gas yang lebih bersih, ramah lingkungan, dibandingkan energi fosil lainnya. Khususnya Gaslink CNG dapat membantu meningkatkan daya saing pelanggan sektor komersial dan UMKM," ujar , di kesempatan sama.

Bersambung ke halaman selanjutnya.