ADVERTISEMENT

Contoh Sumber Energi dan Macam-macamnya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 18 Apr 2022 19:30 WIB
Sejak Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo Surabaya dikelola PT Sumber Organik pada 2012 silam, tempat pembuangan akhir yang memiliki luas sekitar 37,4 hektar tersebut dapat menghasilkan energi listrik sebesar 2 Mega Watt dengan menggunakan metode Landfill Gas Power Plant.
Mengolah Sampah Menjadi Sumber Energi Listrik/Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta -

Sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar, yang dapat menghasilkan energi. Sumber energi terbesar di bumi adalah matahari. Sumber energi dibagi menjadi dua, antara lain sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.

Dikutip dari buku Kemdikbud bertajuk 'Energi dan Perubahanya' oleh Drs. Kandi, M.A., Drs. Yamin Winduono, M.Pd., berikut adalah pengertian sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui beserta contohnya:

Sumber Energi yang Dapat Diperbaharui

Sumber energi yang dapat diperbaharui atau renewable adalah sumber energi sebagai pengganti sumber energi tak terbaharui. Pengertian sumber energi terbaharui adalah sebagai sumber energi yang bisa dengan cepat diisi kembali oleh alam.

Ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis, maka yang dapat kita lakukan adalah dengan mencari sumber energi baru. Semua sumber energi terbaharui disebut juga sumber energi alternatif.

Contoh sumber energi baru terbarukan adalah matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.

Kenapa energi terbarukan tidak pernah habis? Energi terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari sumber daya alam, karena memiliki proses berkelanjutan. Sehingga, energi terbarukan tidak pernah habis.

Penggunaan sumber energi terbaharui bukanlah hal yang baru. Sejak 125 tahun yang lalu, 90% kebutuhan energi di dunia berasal dari kayu. Namun, saat ini penggunaan sumber energi terbaharui juga sudah mulai terbatas penggunaannya.

Terbatasnya penggunaan sumber energi terbaharui juga disebabkan, oleh fakta bahwa sumber energi ini tidak selalu tersedia setiap saat. Sebagai contoh, sumber energi matahari akan berkurang pada saat langit berawan, dan kincir angin tidak akan berfungsi pada saat tidak ada angin.

Tetapi, saat ini negara-negara di dunia termasuk Indonesia mulai memikirkan energi alternatif, sehingga banyak negara yang beralih kembali untuk menggunakan sumber energi terbaharui.

Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber energi tidak terbaharui atau non-renewable adalah sumber energi yang tidak dapat diisi atau dibuat kembali oleh alam dalam waktu yang singkat. Artinya sumber energi ini bukan proses berkelanjutan.

Apa saja sumber energi yang akan habis? Sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah sumber energi yang akan habis.

Contoh sumber energi tak terbaharui diantaranya adalah minyak bumi, gas alam, propane, batubara, dan uranium.

Saat ini, minyak bumi adalah satu-satunya bahan bakar fosil bentuk cair yang diperjual belikan. Bahan bakar fosil yang berbentuk gas adalah gas alam dan propane, sementara yang berbentuk padat adalah batubara.

Batubara, minyak bumi, gas alam, dan propane disebut bahan bakar fosil karena dibentuk dari sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun yang lalu. Uranium adalah bahan bakar berbentuk padat, tetapi uranium tidak termasuk bahan bakar fosil.

Nah, itu tadi pengertian sumber energi. Sekarang detikers tahu kan jawaban dari contoh sumber energi apa saja?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT