Peringatan! Pelat Nomor Dicatat Saat Isi BBM, Bolak-balik SPBU Pasti Ketahuan

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 22 Apr 2022 15:01 WIB
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU 24.351.126 Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (19/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur dan 174 unit skid tank untuk LPG serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik ditambah 11 SPBU Siaga Tol Trans - Sumatera dan empat SPBU Modular di sepanjang jalur Tol Bakauheni - Palembang. ANTARA FOTO/Ardiansyah/wsj.
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU 24.351.126 Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (19/4/2022)/Foto: ANTARA FOTO/ARDIANSYAH
Jakarta -

Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) mulai menerapkan sistem pengguna tunggal (single user) bagi konsumen yang ingin membeli BBM. Pelat nomor kendaraan yang mengisi BBM akan dicatat.

"Sekarang kami sudah mulai sistem pengawasan dengan menyorot sistem plat untuk bisa di-record. Nanti bakal ketahuan kendaraan yang bolak-balik mengisi BBM," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam keterangan tertulis, Jumat (22/4/2022).

Pemerintah juga akan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital sebagai bagian dari pengawasan pendistribusian seperti CCTV dan digitalisasi.

"Jadi kita tau barang (BBM) yang dikirim dan barang yang dibeli. Semuanya tercatat," tegas Arifin.

Pihaknya juga meminta petugas SPBU memercepat pengisian BBM dan memperhatikan layout SPBU. Hal ini disampaikan Arifin saat memantau distribusi BBM di ruas Tol Jawa Barat pada Jumat (22/4).

"Kami minta petugas SPBU meningkatkan pengisian BBM agar mengurangi antrean panjang. Harus ada ekstra kerja untuk mempercepat dan memanfaatkan layout (SPBU) untuk kendaraan-kendaraan besar," urainya.

Catatan dari hasil penyelewengan BBM dalam sistem digitalisasi tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan melaporkan ke penegak hukum.

"Kemarin sudah banyak ditindak oleh kepolisian dalam kasus penimbunan dan layout tangki dari 200 liter menjadi 400 liter. Bisa juga bocor di SPBU. Makanya kita coba tangani," jelas Arifin.

Bagaimana stok BBM jelang mudik Lebaran 2022? Cek halaman berikutnya.