ADVERTISEMENT

Tak Ada Kelangkaan BBM Saat Lebaran, Andre Rosiade Apresiasi Pertamina

Mega Putra Ratya - detikFinance
Selasa, 10 Mei 2022 14:22 WIB
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM dan LPG selama Ramadhan hingga arus mudik lebaran Idul Fitri aman dan saat ini seluruh infrastruktur telah disiagakan meliputi delapan Terminal BBM, lima Terminal LPG, lima depot pengisian pesawat udara dan lebih dari 1900 lembaga penyalur BBM se-Jawa Bagian Barat serta lebih dari 38 ribu lembaga penyalur LPG. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR-RI yang membidangi urusan BUMN, Andre Rosiade mengapresiasi kinerja PT. Pertamina dan PT. Pertamina Patra Niaga yang berkonsentrasi pada pemenuhan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) pada arus mudik dan arus balik lebaran 2022.

"Saya mengapresiasi kinerja Pertamina dan Pertamina Patra Niaga karena tidak ada kelangkaan BBM di SPBU selama musim mudik lebaran 2022 ini," ungkap Andre di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Padahal, lanjut Andre, sebelum memasuki bulan puasa, kelangkaan stok BBM di SPBU kerap terjadi dibeberapa wilayah yang merupakan jalur mudik di Indonesia, seperti yang terjadi di Padang, Sumatera Barat. Hal ini mengakibatkan antrean kendaraan mengular hingga membuat kemacetan parah.

"Sebelum puasa banyak antrian di SPBU yang sering dipakai sebagai jalur mudik, namun saat puasa dan lebaran Alhamdulillah tidak terdengar antrian di SPBU Pertamina," jelas Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat itu.

Karena itu Andre berharap, upaya pemenuhan stok BBM di setiap SPBU Pertamina terus terjaga pasca momen mudik lebaran ini. Sehingga, tidak terjadi lagi adanya tumpukan kendaraan di SPBU Pertamina akibat kelangkaan BBM.

"Untuk itu kami mengapresiasi kinerja Pertamina dibawah Komando Bu Nicke dan Patra Niaga dibawah Dirut Pak Alfian Nasution. Mereka adalah garda terdepan dalam distribusi BBM di masyarakat," tandasnya.

Seperti diketahui, PT. Pertamina mencatat, pada puncak arus mudik 2022 ini, permintaan BBM mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yakni sekitar 43%-58% yang terjadi di Jalur Tol Trans Jawa, Jalur Pantura (non tol) dan Jalur Selatan Jawa (non tol) pada saat puncak arus mudik dan puncak arus balik.

Meski demikian, tidak ada kelangkaan BBM di setiap SPBU Pertamina, semuanya bisa terpenuhi. Hal ini lantaran Pertamina mengoptimalkan seluruh infrastruktur secara terintegrasi dari hulu hingga hilir, mulai dari produksi dan operasional kilang, pengangkutan kapal hingga penyaluran ke SPBU.



Simak Video "Intip "Markas" Pertamina Pemantau Pasokan BBM saat Mudik Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(mpr/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT