Jepang Mau Setop Impor Minyak Rusia, tapi...

ADVERTISEMENT

Jepang Mau Setop Impor Minyak Rusia, tapi...

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 10 Mei 2022 21:52 WIB
Harga Minyak Dunia
Foto: Ilustrasi Minyak Dunia (Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Jepang akan menghentikan impor minyak dari Rusia. Namun, untuk melaksanakan kebijakan itu pemerintah Jepang tengah mencari waktu dan cara dengan mempertimbangkan dampak ekonomi.

Dikutip dari Reuters, Selasa (10/5/2022), hal itu disampaikan setelah Jepang sepakat dengan negara lain dalam G7 untuk melarang impor karena invasi Rusia ke Ukraina.

"Kami akan memikirkan metode dan waktu khusus untuk mengurangi atau menangguhkan impor minyak, dengan mempertimbangkan situasi aktual," kata Menteri Perindustrian Jepang Koichi Hagiuda.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan sebelumnya mengumumkan Jepang akan menyetop impor minyak Rusia. Namun, penghentian tersebut secara bertahap.

Senada, menurut Hagiuda Jepang tidak langsung setop mengimpor minyak dari Rusia, tetapi secara bertahap akan menjauh dari ketergantungan pada energi Rusia sambil memastikan akses ke pasokan alternatif.

Hagiuda menambahkan secara global Amerika Serikat (AS) sangat diperlukan untuk mengamankan pasokan energi yang stabil.

"Sebagai negara penghasil minyak dan gas, Amerika Serikat memiliki peran besar dan harus secara tegas membangun sistemnya sendiri untuk meningkatkan produksi," terangnya

Sementara rencana AS memperluas proyek gas alam cair yang dapat meningkatkan output dalam waktu yang relatif singkat. Jepang, kata dia, bersedia berkontribusi melalui pembiayaan publik.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT