Bikin Serangan Balasan, Ukraina Rebut Rute Pipa Gas Rusia ke Eropa

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 11 Mei 2022 17:07 WIB
Menteri Ekonomi: Jerman Bisa Lewati Musim Dingin Tanpa Gas Rusia
Foto: DW (News)

Di selatan, angkatan bersenjata Ukraina mengatakan mereka berhasil menyerang sembilan target musuh, hingga musuh kehilangan 79 prajurit dan 12 peralatan, termasuk kendaraan lapis baja dan howitzer.

Pasukan Rusia terus menyerang pabrik baja Azovstal di pelabuhan selatan Mariupol dengan artileri, tank, dan bom melalui pesawat, kata staf umum Ukraina, yang mencoba merebut benteng terakhir perlawanan Ukraina di kota yang hancur itu. Ukraina mengatakan puluhan ribu orang telah tewas di kota itu di bawah pengepungan Rusia selama dua bulan.

Rusia berusaha untuk memperkuat pasukan yang terkena serangan di Pulau Zmiinyi, juga dikenal sebagai Pulau Ular, dari penjaga perbatasan Ukraina di awal invasi.

"Jika Rusia mengkonsolidasikan posisinya di Pulau Zmiinyi dengan pertahanan udara strategis dan rudal pertahanan pantai, mereka dapat mendominasi area barat laut dari Laut Hitam ," kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam buletin reguler, dilansir dari Reuters.

Kapal-kapal pemasok Rusia yang berada di Laut Hitam bagian barat memiliki perlindungan minimum, menyusul mundurnya angkatan laut Rusia ke Krimea setelah kehilangan kapal utama Moskva, katanya.

Meski pertempuran masih terjadi, hingga saat ini Rusia membantah menargetkan warga sipil dan menolak tuduhan Ukraina dan Barat tentang kejahatan perang.


(dna/dna)