Perusahaan Inggris Kepincut 'Harta Karun' di Aceh, Langsung Diburu

ADVERTISEMENT

Perusahaan Inggris Kepincut 'Harta Karun' di Aceh, Langsung Diburu

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 14 Mei 2022 09:00 WIB
Ilustrasi sektor migas
Foto: Ilustrasi Migas (Fauzan Kamil/Infografis detikcom): Ilustrasi eksplorasi minyak dan gas lepas pantai (offshore)
Jakarta -

'Harta Karun' di Aceh mulai Diburu! Perusahaan minyak dan gas asal Inggris, Premier Oil, telah mengebor sumur eksplorasi di perairan Aceh sejak Selasa (10/5/2022). Pengeboran ini merupakan tahap uji coba untuk mengevaluasi kandungan gas bumi di struktur Timpan-1 di bagian barat Blok Andaman II.

Premier Oil akan melakukan pengeboran secara vertikal dengan rencana kedalaman 14.457 kaki. Dengan kedalaman tersebut maka sumur galian masuk dalam kategori deepwater.

Mengutip Antara, menurut keterangan Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Julius Wiratno pengeboran ini dilakukan sejak 10 Mei 2022 dan berlangsung hingga tiga bulan ke depan.

"Penemuan cadangan migas yang baru menjadi salah satu target SKK Migas dan akan berperan penting dalam upaya meningkatkan produksi hulu migas secara berkelanjutan," kata Julius dikutip dari Antara, Jumat (13/5/2022).

Julius mengatakan jika target produksi tahun 2030 adalah sebanyak 1 juta barel per hari dan gas 12 miliar kaki kubik per hari. "Ke depan, potensi hulu migas akan didominasi dari laut dalam, maka keberhasilan pengeboran sumur eksplorasi Timpan-1 diharapkan dapat mendorong investor untuk lebih berinvestasi di pengeboran laut dalam," terang Julius.

SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) menargetkan 42 sumur pengeboran guna mendorong potensi penemuan minyak dan gas bumi. Namun hingga triwulan pertama 2022 baru lima sumur yang terealisasi.

Sementara hingga April 2022 jumlah pengeboran bertambah jadi tujuh sumur atau 31 persen dari target tahun ini. Menurut Julius pihaknya akan meningkatkan program pengeboran sumur eksplorasi dengan semakin terkendalinya pandemi COVID-19.

Sebelumnya SKK Migas Sumatera Bagian Utara bersama Premier Oil Andaman Limited melaksanakan sosialisasi pengeboran sumur Timpan-1 di wilayah Aceh.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Utara Rikky Rahmat Firdaus mengatakan pihaknya terus mendorong KKKS untuk melakukan aktivitas pengeboran. Sebagai informasi, sumur Timpan-1 ini merupakan bagian dari empat sumur eksplorasi di Aceh. Sepanjang 2022 KKKS merencanakan kegiatan pengeboran 13 sumur pengembangan dan empat sumur eksplorasi di Aceh.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT