1 Fasilitas Produksi Bahan Baku BBM Kilang Balikpapan Disetop Imbas Kebakaran

ADVERTISEMENT

1 Fasilitas Produksi Bahan Baku BBM Kilang Balikpapan Disetop Imbas Kebakaran

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 15 Mei 2022 19:30 WIB
Kilang Pertamina di Balikpapan, Kaltim kebakaran namun api cepat dipadamkan dan tak ada korban jiwa (Dok. Istimewa)
Foto: Kilang Pertamina di Balikpapan, Kaltim kebakaran namun api cepat dipadamkan dan tak ada korban jiwa (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kebakaran terjadi di area Kilang Balikpapan. Kebakaran tersebut terjadi pada Plant 5 Unit Hydro Skimming Complex dan kini sudah dipadamkan.

Dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (15/5/2022), Area Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balikpapan Ely Chandra, menyampaikan saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara. Plant ini menghasillan bahan baku gasoline, dan untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku akan dilakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di Kilang Balikpapan.

Saat ini tim internal terus melakukan upaya recovery operasional Kilang Balikpapan agar segera kembali beroperasi maksimal. Untuk sementara waktu, alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat.

Tim penanganan di Kilang Balikpapan juga saat ini tengah fokus melakukan penanganan korban. Terdapat 3 orang luka bakar yang merupakan pekerja Pertamina dan saat ini tengah dilakukan upaya perawatan maksimal di RS Pertamina Balikpapan.

Kemudian, 2 orang korban yang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor telah selesai perawatan di klinik dan telah kembali ke rumah masing-masing. Sedangkan, 1 orang lagi tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor.

Kilang Balikpapan dan perusahaan tempat korban bekerja akan memastikan almarhum mendapatkan penanganan terbaik terkait dengan hak-haknya seraya menyiapkan kebutuhan lain yang diperlukan.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT