Rencana Besar Sumber Pasokan Listrik buat IKN

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 16 Mei 2022 09:30 WIB
Prosesi Kendi Nusantara digelar hari ini di titik nol ibu kota negara (IKN), yaitu di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Foto: screenshoot video YouTube: Titik nol IKN di Kalimantan Timur
Jakarta -

Proyek ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur mulai dijalankan. Salah satunya pasokan listrik yang digarap PT PLN (Persero).

Mengutip Instagram PLN @pln_id, pada tahap prakonstruksi Ibu Kota Baru, PLN bakal membangun dua gardu induk (GI) mobile 30 MVA di Gersik yang terletak di sekitar titik nol IKN

"2 buah GI mobile tersebut akan terhubung di jalur SUTT Kariangau - Petung, ditargetkan rampung pada bulan Agustus dan Desember 2022," terang PLN, dikutip Senin (16/5/2022).

Pembangunan gardu induk mobile membutuhkan lahan yang lebih kecil dan waktu pembangunan yang lebih singkat dibanding gardu induk permanen.

Selanjutnya, kebutuhan listrik IKN akan dipasok dari sistem interkoneksi Kalimantan yang saat ini menghubungkan Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Sebagai informasi tambahan, Sederet sarana dan prasarana transportasi bakal dibangun di ibu kota negara (IKN) baru. Hal ini tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042.

Rencananya IKN akan dikelilingi sarana kereta api, jalan tol, hingga bus rapid transit.

(hns/hns)