Harga BBM di AS Naik Lagi, Cetak Rekor Tertinggi!

ADVERTISEMENT

Harga BBM di AS Naik Lagi, Cetak Rekor Tertinggi!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 31 Mei 2022 15:21 WIB
A customer pumps gas at a Shell gas station, Tuesday, May 10, 2022, in Miami. (AP Photo/Marta Lavandier)
Harga BBM di AS Naik Lagi, Cetak Rekor Tertinggi!/Foto: AP Photo/Marta Lavandier
Jakarta -

Harga BBM di Amerika Serikat (AS) kembali naik. Pada Senin harga bensin reguler tercatat US$ 4,62 per galon, naik satu sen dibandingkan Minggu.

Lalu harga bensin di tujuh negara bagian AS lain bahkan telah menyentuh US$ 5 per galon seperti di Illinois, New York, dan Arizona. Ini merupakan harga tertinggi karena biasanya harga BBM sebesar US$ 4,1 per galon.

Harga bensin riil atau yang sudah disesuaikan dengan inflasi saat ini belum setinggi 2012. Harga bensin di AS sempat mencetak rekor paling tinggi pada Juni 2008 yang mencapai US$ 5,38 per galon.

Naiknya harga BBM ini karena permintaan masyarakat yang mulai meningkat seiring banyaknya rencana perjalanan pada musim panas.

Namun tingginya permintaan ini tak diimbangi dengan pasokan yang cukup akibat berbagai faktor seperti perang Rusia dan Ukraina. Hingga AS dan OPEC yang memproduksi minyak lebih sedikit jika dibandingkan sebelum COVID-19.

Faktor lainnya adalah karena kilang minyak saat ini berhenti beroperasi sehingga kesulitan untuk memenuhi permintaan yang melonjak baik untuk bensin, solar sampai bahan bakar untuk jet atau pesawat.

Lihat juga Video: Kapolri Ajak Warga Bersepeda: Alternatif saat BBM Langka-Mahal

[Gambas:Video 20detik]




(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT