ADVERTISEMENT

Beli Pertalite Nanti Wajib Daftar MyPertamina, yang Belum Gimana?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 17:16 WIB
MyPertamina/Dok Eduardo Simorangkir
Foto: MyPertamina/Dok Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Kebijakan pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar dengan menggunakan MyPertamina akan segera diterapkan per 1 Juli 2022. Hal ini dilakukan dalam rangka pembatasan pembelian BBM subsidi dengan harapan akan lebih tepat sasaran ke depannya.

Terhitung tanggal tersebut, akan dilakukan uji coba terlebih dahulu di 11 daerah yang tersebar di 5 provinsi di Indonesia. Bagi para pembeli yang tidak memiliki aplikasi MyPertamina tak perlu khawatir, karena pendaftaran dapat diakses melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/. Link tersebut baru akan dibuka bersamaan dengan penerapan kebijakan baru itu, yakni pada 1 Juli mendatang.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang belum terdaftar saat kebijakan tersebut mulai berjalan?

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga SH C&T Irto Ginting mengatakan, selama 2 minggu masa awal dibukanya pendaftaran tersebut, Pertamina masih akan melayani transaksi pembelian selayaknya biasanya tanpa menggunakan MyPertamina.

"Selama masa pendaftaran dalam 2 minggu, masih tetap dilayani pembeliannya seperti biasanya," ujar Irto kepada detikcom,

Oleh sebab itu, masyarakat yang belum terdaftar tidak perlu khawatir tak bisa membeli BBM. Tidak hanya itu, Irto menambahkan, pendaftaran ini akan terus dibuka sehingga kesempatan bagi mereka yang belum mendaftar masih akan terus terbuka.

"Pendaftaran akan kita buka terus," ujar Irto.

Lebih lanjut, masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya tersebut akan diverifikasi datanya terlebih dahulu. Jika sudah diverifikasi, akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan.

Pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar. Setelah itu, barulah masyarakat membeli BBM jenis Pertalite dan Solar.

"Yang terpenting adalah memastikan menjadi pengguna terdaftar di website MyPertamina, jika seluruh data sudah cocok maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital," ujar Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution dalam keterangannya.



Simak Video "Wilayah Wajib Daftar untuk Beli Pertalite Diperluas, Buruan Daftar!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT