ADVERTISEMENT

Nggak Daftar MyPertamina, Warga Cuma Boleh Beli Pertamax cs

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 11:36 WIB
Suasana SPBU Pertamina.
Foto: dok. Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga
Jakarta -

Per tanggal 1 Juli nanti, pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar akan diperketat. Para pengendara yang ingin membeli kedua jenis BBM tersebut wajib terdaftar di MyPertamina.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang tidak mendaftarkan diri?

Menjawab pertanyaan tersebut, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga SH C&T Irto Ginting mengatakan, bila hal tersebut terjadi di daerah yang telah mulai diberlakukannya kebijakan tersebut, maka Pertamina akan menyarankan kembali untuk mendaftar atau membeli BBM non subsidi.

"Berarti ketika nanti kita sudah meminta penggunaan QR code dan pelanggan tersebut belum memiliki QR code itu, maka disarankan kembali untuk mendaftar atau membeli kembali BBM non subsidi," ujar Irto kepada detikcom, Rabu (29/06/2022).

Dengan kata lain, apabila kondisi tersebut terjadi di luar waktu 2 minggu awal sejak diberlakukannya 1 Juli nanti, masyarakat hanya memiliki dua pilihan tersebut. Irto menambahkan, waktu yang dibutuhkan oleh sistem dalam verifikasi data pasca pendaftaran hingga memperoleh QR code memakan waktu maksimal 7 hari.

"Maksimal 7 hari. Tapi akan kita usahakan lebih cepat. Bukan verifikasi ya, lebih tepatnya pencocokan data," tuturnya.

Dia mempertegas kembali, pendaftaran akan berlaku terus dibuka sehingga kesempatan bagi mereka yang belum mendaftar masih akan terus ada.

"Pendaftaran akan dibuka untuk seterusnya. Karena kan pendaftaran ini bisa saja untuk orang yang pindah mobil atau beli mobil baru," tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, Per tanggal 1 Juli mendatang akan dilakukan uji coba pendaftaran transaksi Pertalite dan Solar bagi pengguna kendaraan roda empat di MyPertamina. kebijakan ini akan diberlakukan terlebih dahulu di 11 daerah yang tersebar di 5 provinsi di Indonesia.

Pendaftaran dilakukan melalui website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/. Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

Selama 2 minggu masa awal dibukanya pendaftaran tersebut, Pertamina masih akan melayani transaksi pembelian selayaknya biasanya tanpa menggunakan MyPertamina. Rencana penggunaan MyPertamina untuk para konsumen BBM subsidi ini lebih diperuntukkan dalam membuat database, di mana untuk ke depannya data inilah yang akan menjadi acuan oleh pemerintah dalam menentukan konsumen yang layak menerima BBM subsidi melalui pencocokan data.



Simak Video "Aplikasi MyPertamina Banjir Review Bintang 1"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT