ADVERTISEMENT

Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite Besok Baru Wajib buat Mobil

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 30 Jun 2022 16:07 WIB
Warga menunjukan aplikasi MyPertamina saat mengisi bahan bakar pertalite di SPBU Pertamina Abdul Muis, Jakarta, Rabu (29/6/2022). PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, akan melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, secara terbatas bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem MyPertamina, mulai 1 Juli mendatang. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) mewajibkan pengguna BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar melakukan pendaftaran melalui website MyPertamina mulai 1 Juli 2022. Sebagai tahap awal ini berlaku untuk kendaraan roda empat terlebih dahulu.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan pendaftaran dilakukan melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Bagi yang belum mendaftar, masih akan dilayani karena besok masih masa pendaftaran.

"Saya tegaskan untuk pendaftaran saat ini kita buka untuk kendaraan roda empat khususnya Pertalite. Untuk Solar sesuai Perpres 191 Tahun 2014. Tolong tekankan lagi 1 Juli 2022 baru dimulai pendaftaran, registrasi," kata Irto dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/6/2022).

Selain itu, nantinya pembayaran juga tidak perlu mendownload aplikasi MyPertamina. Pembayaran membeli Pertalite dan Solar tetap bisa dilakukan secara tunai selain non tunai.

Pemerintah sendiri sedang menggodok kriteria siapa kendaraan yang berhak meminum BBM Pertalite dan Solar Subsidi melalui Revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna terdaftar akan mendapat QR Code khusus yang menunjukkan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar di SPBU.

"Ketika kita mencocokkan data itu kalau sudah sesuai maka user atau pendaftar tadi akan tergolong sebagai masyarakat yang terdaftar menerima BBM bersubsidi. Itu dulu untuk pendaftaran. Jadi setelah menerima QR code, yang bersangkutan bisa datang membeli BBM subsidi dengan menunjukkan QR Code," ujarnya.

(aid/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT