ADVERTISEMENT

MyPertamina Banjir Keluhan di Twitter, Aplikasinya Bintang Satu

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 01 Jul 2022 13:15 WIB
Jakarta -

Beberapa pekan terakhir, MyPertamina menjadi salah satu topik terhangat yang terus diperbincangkan netizen. Ditambah lagi, pada pagi ini atau tepatnya hari pertama pendaftaran MyPertamina dibuka, laman https://subsiditepat.mypertamina.id/ tidak dapat diakses.

Berbagai kritik dilayangkan oleh netizen di sosial media Twitter. Mulai dari error yang terjadi pada aplikasi, kontroversi penggunaan ponsel sebagai sarana pembayaran di SPBU, pembayaran lewat aplikasi yang hanya tertaut pada Link Aja, hingga aplikasi tersebut yang mendapat review jelek di Playstore. Bahkan, MyPertamina menjadi salah satu topik paling trending, dengan 10,5 ribu tweet.

1. Aplikasi Tidak Dapat Diakses

Seperti halnya keresahan yang dialami oleh oleh akun @aldi*******. Dia merupakan satu di antara ribuan konsumen Pertamina yang gagal untuk melakukan pendaftaran MyPertamina pagi ini.

"Ini berapa kali di coba gagal terus ! Baru sampe tahap verifikasi no,selalu di ulang dengan aplikasi my pertamina. Sangat mengulur waktu saya. Sempat keburu kehabisan bensin kalo gini mah #MyPertamina. Ada yg hp nya gini juga gak ? 😕. Gagal di verifikasi mulu," tulis akun tersebut.

Protes yang dilakukan netizen secara berbondong-bondong ini memang benar disebabkan oleh error pada laman tersebut. Hal ini disinyalir terjadi karena penumpukan pendaftaran di hari pertama dibukanya pendaftaran ini. Karena gangguan pada sistem pendaftaran ini, tidak sedikit dari netizen yang meragukan kesiapan baik dari pertamina sendiri maupun Pemerintah dalam implementasi kebijakan ini.

"Woooyyy gmn nih @MyPertaminaID ?? #mypertamina belom siapp ya??" tulis akun @akhm*****. sambil mengunggah laman registrasi MyPertamina yang bertuliskan 'terjadi kesalahan pada server'.

"Iya, emang terjadi kesalahan, salah dalam mengurus negara sepertinya wkwkwkwk #MyPertamina #ribet #pertalite," bunyi cuitan yang diunggah oleh akun @yudh*****.

2. Penggunaan Ponsel di SPBU

Tidak hanya itu, penggunaan ponsel di lingkungan SPBU menjadi salah satu yang paling kontroversial. Pasalnya, penggunaan ponsel dilarang di SPBU karena membahayakan para pengunjung, sedangkan pembayaran dianjurkan menggunakan MyPertamina. Seperti salah satu cuitan yang diunggah oleh akun @txtdr*********.

"Dilarang main hp di pom bensin, tapi mau beli pertalite harus buka hp wkwkwk. pertamina [Rasakan ledakannya]," bunyi cuitan akun tersebut.

Sebelumnya, akun tersebut juga membagikan sebuah yang sempat viral di media sosial. Video tersebut berisi seorang pengendara motor dalam suatu game simulasi kehidupan. Pengendara motor pun tersebut pergi ke SPBU, kemudian tautan gambar ponsel berisi aplikasi MyPertamina pun muncul. Seketika, SPBU pun meledak. Unggahan ini bahkan disukai oleh 5.329 akun.

Lanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT