ADVERTISEMENT

Minta Perusahaan Turunkan Harga BBM, Joe Biden Dikritik Jeff Bezos

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 04 Jul 2022 08:58 WIB
Sosok Jeff Bezos jadi sorotan. Pasalnya pendiri Amazon sekaligus salah satu orang terkaya dunia itu dikabarkan berinvestasi di startup e-commerce Indonesia, Ula
Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Jakarta -

Bos Amazon.com Inc (AMZN.O) Jeff Bezos mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden soal dorongan untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). Kecaman tersebut disampaikan melalui Twitter pribadinya.

Awalnya, Biden melalui akun Twitter pribadinya mencuitkan terkait imbauan kepada perusahaan minyak untuk menurunkan harga jual BBM dalam negeri. Seperti diketahui, AS tengah mengalami lonjakan inflasi yang mendorong harga berbagai komoditas meningkat.

"Pesan saya kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki pom bensin dan untuk menetapkan harga di pom bensin itu sederhana: Ini adalah masa perang dan bahaya global," cuit Biden melalui akun @POTUS, dikutip dari Reuters Senin (4/7/2022).

"Turunkan harga (bensin) yang Anda kenakan di pom bensin untuk menurunkan biaya yang Anda bayar untuk produk tersebut. Dan lakukan sekarang," lanjutnya.

Kemudian, tweet Biden itu ditanggapi oleh Bezos dengan mengutip cuitan itu. Menurut Bos Amazon itu, arahan yang disampaikan Biden itu tidak tepat terkait inflasi.

"Aduh. Inflasi adalah masalah yang terlalu penting bagi Gedung Putih untuk terus membuat pernyataan seperti ini. Entah itu salah arah atau kesalahpahaman mendalam tentang dinamika pasar dasar," cuit Bezos.

Kemudian, kecaman dari Bezos juga ditanggapi oleh Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre. Ia mengatakan tidak heran lagi, dalam situasi kenaikan harga perusahaan migas tentu akan meraup keuntungan dan mengorbankan keadaan masyarakat AS.

"Tapi saya kira tidak mengherankan jika Anda berpikir bahwa perusahaan minyak dan gas yang menggunakan kekuatan pasar untuk meraup rekor keuntungan dengan mengorbankan rakyat Amerika adalah cara ekonomi kita seharusnya bekerja," tulisnya di Twitter.

Bezos sendiri memang sering kali bersitegang dengan pemerintahan Biden. Misalnya saja pada bulan Mei, dia menuduh Biden menyesatkan publik dan menyalahkan pemerintahannya atas lonjakan inflasi.



Simak Video "Ini Harga BBM RON 92 di Beberapa Negara ASEAN, RI Paling Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT