ADVERTISEMENT

Jepang Mau Batasi Harga Impor Minyak Rusia, Kremlin: Bakal Ditolak Negara Lain

ilyas Fadhillah - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 10:54 WIB
Putin: Menyingkirkan Minyak Rusia sama dengan Bunuh Diri Ekonomi
Foto: DW (News)
Jakarta -

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengusulkan pemberlakuan batas harga terhadap impor minyak Rusia. Nilai yang diusulkan adalah setengah dari harga impor saat ini.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, negara-negara lain kemungkinan tidak setuju dengan usulan Jepang. Menurutnya, Rusia pun perlu menunggu dan mengikuti perkembangan terkait finalisasi proposal tersebut.

"Pernyataan ini, tidak berarti bahwa parameter seperti itu akan disetujui oleh negara lain," kata Peskov dalam konfrensinya, dikutip dari Reuters, Selasa (5/7/2022).

Peskov menambahkan, sejauh ini baru terjadi statement tunggal dari satu pihak. Belum ada keputusan atau langkah yang diambil.

Minggu lalu, pemimpin G7 sepakat menjajaki kemungkinan untuk mengenalkan batasan harga impor terhadap sumber daya Rusia, termasuk minyak.

Pemimpin G7 telah menginstruksikan para menterinya untuk mengevaluasi proposal tersebut. Adapun tujuan dari G7 adalah membatasi sumber daya Rusia yang selama ini dipakai membiayai kampanye militernya di Ukraina.

Namun, Moskow menyebut apa yang dilakukan di Ukraina sebagai operasi militer khusus. Rusia memperingatkan bahwa langkah membatasi pasokan energi bakal menjadi bumerang karena terus melonjaknya harga minyak global.



Simak Video "Ini Alasan Pertamina Tertarik Beli Minyak dari Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT