ADVERTISEMENT

Pertashop Sepi Gara-gara Tak Jual BBM Subsidi, Bos Pertamina Buka Suara

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 06 Jul 2022 17:16 WIB
Pertamina Marketing Operation Region III resmikan Pertashop di Desa Jatitujuh, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka.
Pertashop/Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Layanan 'SPBU mini' resmi milik Pertamina, Pertashop diprotes anggota DPR RI karena tidak menjual BBM subsidi. Pertashop hanya menjual BBM Pertamax.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal mengaku mendapat banyak keluhan dari para pengusaha di daerah yang membangun Pertashop yang mengaku rugi karena sepi. Hal itu karena Pertashop hanya bisa menjual BBM nonsubsidi seperti Pertamax.

"Ada keluhan pengusaha di daerah yang membangun Pertashop baru mereka tak bisa jual yang subsidi. Mereka merasa pomnya jadi sepi," ungkap Hekal dalam rapat kerja dengan Pertamina, Rabu (6/7/2022).

Hekal mempertanyakan kenapa Pertashop tidak bisa menjual BBM subsidi. Padahal, kalau melihat letak pendirian Pertashop di daerah kebanyakan target pasarnya adalah masyarakat kelas bawah.

"Apakah mereka akan diberikan izin juga menjual BBM subsidi? Kalau ini kan kebanyakan wilayah targetnya masyarakat kelas bawah yang dilayani Pertashop," kata Hekal.

Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan bertanya apakah tidak bisa Pertamina memberikan izin operasi Pertashop untuk menjual BBM subsidi? Pasalnya, kehadiran Pertashop kebanyakan berada di daerah terpencil.

"Apa tidak bisa hal itu diperjuangkan untuk bisa bersubsidi, karena kan cita-citanya Pertashop untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah. Ada daerah pegunungan, termasuk daerah pertanian, daerah pedalaman. Seharusnya kan aura itu muncul kepada kebutuhan masyarakat untuk memakai subsidi," kata Nasim.

Direktur Utama Pertamina buka suara di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT