ADVERTISEMENT

Gaet PLN, BNI Operasikan 2 SPKLU di Jakarta

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Selasa, 19 Jul 2022 18:14 WIB
SPKLU BNI
Foto: dok. BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengoperasikan dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Lokasinya di Kantor Pusat BNI, Jalan Jenderal Sudirman dan Menara BNI Pejompongan, Jalan Pejompongan Raya.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan saat ini BNI tengah giat menambah portofolio dengan klasifikasi green financing dan green activity. Di samping itu juga merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BNI dengan PLN pada tanggal 26 April 2022 terkait Penyediaan Infrastruktur SPKLU di Area BNI.

"Langkah ini merupakan komitmen bersama BNI bersama PLN untuk proaktif mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kami pun dengan bangga menyampaikan bahwa BNI merupakan Perbankan pertama di Indonesia yang menggunakan skema kerja sama SPKLU Partnership Investor Own Investor Operate (IO2) dari PLN," ungkap Royke dalam keterangan tertulis, Selasa (19/7/2022).

Skema kerja sama ini PLN bertindak selaku pemilik bisnis SPKLU dan partner selaku mitra bisnis. Adapun skema SPKLU Partnership IO2 terdiri dari tiga paket, yaitu Paket Medium Charger, Paket Fast Charger, dan Paket Ultra Fast Charger.

Adapun unit SPKLU yang diresmikan tersebut memiliki 3 (tiga) jenis charger yaitu tipe AC dengan daya 22 kilo Watt (kW), DC CHAdeMo dengan daya 25 kW, dan DC CCS2 dengan daya 25 kW. Tipe AC biasanya digunakan untuk mobil listrik keluaran pabrikan Eropa, sedangkan tipe DC CHAdeMo untuk mobil listrik keluaran pabrikan Asia dan Amerika, adapun tipe DC CCS2 merupakan kombinasi dengan kategori fast charging.

Pengelolaan SPKLU yang ditempatkan di BNI akan dikelola berdasarkan sinergitas antara anak perusahaan PLN dan perusahaan afiliasi BNI, yakni PT Grha Mitra Empatenam. PLN juga menawarkan kemudahan kepemilikan sekaligus pengurusan perizinan kepada para mitra untuk bisa menjalankan bisnis dan meningkatkan ekosistem SPKLU.

Klik Selanjutnya



Simak Video "Tak Cuma di Jawa, SPKLU PLN Juga Akan Disebar di Sumatera"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT