ADVERTISEMENT

Grup MIND ID Gabung Jadi Anggota UN Global Compact

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Senin, 25 Jul 2022 14:37 WIB
Timah
Foto: dok. Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta -

Holding Industri Pertambangan MIND ID bergabung menjadi anggota United Nations Global Compact (UNGC). Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan mengatakan masuknya MIND ID ke dalam keanggotaan UNGC ini dalam rangka mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Diketahui, UNGC diresmikan pada tahun 2000 silam. Awalnya, organisasi tersebut berfokus untuk mendukung pencapaian Millenium Development Goals (MDGs). Namun setelah MDGs berakhir pada tahun 2015, UNGC mendukung tujuan pencapaian berkelanjutan (SDGs) pada tahun 2030.

"Dengan memasukkan Sepuluh Prinsip UNGC ke dalam strategi, kebijakan dan prosedur perusahaan, MIND ID tidak hanya menegakkan tanggung jawab dasar terhadap manusia dan planet, tetapi juga mempersiapkan perusahaan untuk kesuksesan jangka panjang dan masa depan yang lebih baik," ujar Dany dalam keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

Diungkapkannya, status keanggotaan UNGC MIND ID berdasarkan Letter of Commitment yang dikirimkan kepada General Secretary PBB pada tanggal 28 Juni 2022 yang berisi komitmen MIND ID untuk mendukung 10 Prinsip UNGC, di antaranya Hak Asasi Manusia, Tenaga Kerja, Lingkungan dan Anti Korupsi.

Adapun kesepuluh prinsip tersebut merupakan perwujudan dari The Universal Declaration of Human Rights, The International Labour Organization's Declaration on Fundamental Principles and Rights at Work, The Rio Declaration on Environment and Development, dan The United Nations Convention Against Corruption.

"Dengan menjadi anggota UNGC, MIND ID berdiri sejajar dengan perusahaan tambang dunia terkemuka lainnya selaras dengan rencana jangka panjang MIND ID untuk menjadi World Class Company yang memiliki komitmen keberlanjutan" ujar Dany.

Di sisi lain, pihaknya memastikan pengelolaan tambang dilakukan secara efisien, serta meminimalisir dampak lingkungan. Hal ini sebagaimana acuan praktik pertambangan yang terbaik (good mining practices).

Dalam hal aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan, Dany menjelaskan MIND ID mendorong perusahaan anggotanya untuk melaksanakan kegiatan operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan serta mengadopsi standar internasional terkait pengelolaan pertambangan yang berkelanjutan.

Sementara untuk meningkatkan kinerja pengelolaan Keberlanjutan Environment, Social, and Governance (ESG) dan mendukung pencapaian SDGs, MIND ID telah menyusun framework dengan mengacu kepada ISO 26000 sebagai Panduan Keberlanjutan, Prinsip Penambangan International Council on Mining and Metals (ICMM) sebagai Standar Kinerja Keberlanjutan, dan GRI bersama SDGs sebagai struktur pengungkapan informasi kepada para pemangku kepentingan.

"Keberlanjutan menjadi salah satu fokus dan bagian dari strategi Grup MIND ID. Implementasi keberlanjutan di seluruh aspek termasuk menjadi anggota UN Global Compact dan mendukung pencapaian SDGs merupakan perwujudan dari Noble Purpose atau Tujuan Mulia MIND ID, yakni membangun peradaban, kesejahteraan dan masa depan yang lebih cerah," tutup Dany.

(prf/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT