ADVERTISEMENT

DPR Mau Pertalite Cuma Buat Motor & Angkutan Umum: Masa Subsidi Orang Mampu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 20:15 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
DPR Mau Pertalite Cuma Buat Motor & Angkutan Umum: Masa Subsidi Orang Mampu/Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menilai penyaluran subsidi kepada barang memiliki potensi salah sasaran yang tinggi. Hal itu termasuk pada Pertalite.

Sugeng mengatakan, jika subsidi itu tetap dilakukan pada Pertalite maka pengaturannya akan lebih tepat jika yang boleh membeli hanya kendaraan umum dan motor.

"Maka kalau tetap dengan subsidi barang kita ingin yang disubsidi titik, satu, hanya untuk kendaraan umum dan motor saja. Itu untuk membatasi subsidi. Kenapa? Karena tidak adil masa subsidi orang yang mampu beli," terangnya di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/7/2022).

"Karena dengan tangki bensin yang lebih besar dari motor justru orang yang mampu beli mobil itulah yang disubsidi lebih besar? Adil nggak? Nggak adil dong," tambahnya.

Dia mengatakan, seharusnya subsidi diberikan langsung kepada masyarakat yang tidak mampu. Subsidi itu untuk membeli BBM, sekolah, dan lain-lain.

Subsidi tersebut, kata dia, dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) yang terstruktur, masuk ke APBN sekaligus.

"Terus nanti gimana ini pendataannya? Ingat, tata kelola pemerintah yang paling lengkap di dunia ini adalah Indonesia. Ada RT, RW, kelurahan, kecamatan, ada kabupaten, ngurusi apa aja itu, ya ngurusi data saja masa nggak bisa?"katanya.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT