ADVERTISEMENT

Semester I-2022 PLN Raup Laba Rp 17,4 Triliun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 23:12 WIB
Kantor PLN
Foto: Dok. PT PLN (Persero)
Jakarta -

PT PLN (Persero) mencetak laba bersih sebesar Rp 17,4 triliun hingga semester I-2022. Laba tersebut naik 162,4% dibanding periode yang sama tahun lalu Rp 6,6 triliun.

"Kami sangat bersyukur di tengah ketidakpastian ekonomi global, PLN berhasil mencetak kinerja terbaik. Ini merupakan buah manis dari berbagai strategi dan langkah transformasi yang telah kami jalankan," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya, Kamis (28/7/2022).

PLN mencatat kenaikan volume penjualan listrik sebesar 133,87 Terra Watt hour (TWh) pada semester I 2022 atau meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya 125,49 TWh.

Darmawan menjelaskan kenaikan penjualan tenaga listrik ini ditopang oleh pertumbuhan yang signifikan pada pelanggan industri dengan penambahan volume penjualan listrik 5,4 TWh atau 14,3% hingga akhir Juni 2022.

"Kenaikan penjualan listrik yang signifikan dari golongan industri ini menandakan perekonomian yang mulai pulih di tengah pandemi," kata Darmawan.

Darmawan mengungkapkan, atas penjualan listrik yang mengalami kenaikan tersebut, PLN berhasil membukukan penjualan tenaga listrik senilai Rp 150,6 triliun, meningkat 7,2% atau bertambah Rp 10,1 triliun.

Di sisi lain, EBITDA berhasil dipertahankan sebesar Rp 55,4 triliun dan EBITDA margin 26,2% di tengah penurunan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing utama yang memengaruhi operasional perusahaan.

"Tentu saja pencapaian ini tak lepas dari kerja keras para insan PLN, dukungan pemerintah dan stakeholder serta seluruh pelanggan. Kami terus berdedikasi memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia," tutupnya.

Informasi keuangan tersebut berdasarkan laporan Keuangan konsolidasian PLN semester I 2022 unaudited.

(kil/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT