ADVERTISEMENT

Warga Masih Teriak Pertalite Langka, Pertamina Ungkap Alasannya

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Minggu, 14 Agu 2022 12:30 WIB
BBM Pertalite kini mulai sulit dijumpai masyarakat. Sejumlah SPBU kehabisan Pertalite, jika pun ada antreannya mengular panjang.
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

Masyarakat masih mengeluhkan stok BBM Pertalite langka di sejumlah SPBU.Keluhan ini disampaikan di media sosial, salah satunya Twitter.

Netizen mengatakan, stok Pertalite saat ini sulit ditemukan. Mereka bahkan harus berkeliling mencari SPBU lain demi mendapatkan stok Pertalite.

Terkait hal ini, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan jika Pertamina tidak membatasi Pertalite. Tetapi ada peningkatan permintaan di beberapa SPBU.

"Dari Pertamina tidak melakukan pengurangan penyaluran ke SPBU. Kita bisa cek permintaan SPBU dengan realisasi penyalurannya. Memang di beberapa titik SPBU ada peningkatan permintaan," katanya kepada detikcom, Minggu (14/8/2022).

Irto menjelaskan, Pertamina terus berupaya memenuhi permintaan dengan optimalisasi penyaluran. Depot Plumpang pun dioperasikan hingga 24 jam.

Irto pun menampik jika stok Pertalite mulai langka. Menurutnya Pertalite dalam kondisi aman, namun ada pembatasan kuota yang ditentukan regulator.

"Kalau stok Pertalite di Pertamina dalam posisi aman, namun memang kuota yang ditentukan regulator itu terbatas," tambahnya. Ia menyebut masing-masing SPBU sudah ditentukan kuotanya oleh BPH Migas.

Sebelumnya, keluhan soal Pertalite langka masih disampaikan oleh netizen. Akun Twitter @rizki_ariesa misalnya yang mengaku harus mencari SPBU demi mendapat BBM Pertalite.

"Ku dan warga Pinang sekarang mulai hadapi kelangkaan Pertalite. Kami harus rajin muter cari SPBU Pertamina yang stoknya ada. Kalau ada, harus antre mbeleber ke jalan. dulu migor, now Pertalite," katanya.

Keluhan lainnya disampaikan oleh akun @Arjunalreng_12. Menurutnya untuk mendapatkan Pertalite di malam hari saja dirinya harus antre lumayan panjang.

"Sekarang untuk dapetin Pertalite tengah malam pun antrenya lumayan," tulisnya. Berdasarkan video yang diunggahnya, antrean pembelian BBM ini terjadi hari Minggu, 14 Agustus 2022 pukul 01:16 WIB di salah satu SPBU di Jagakarsa, Jakarta Selatan.



Simak Video "Saran Faisal Basri: Jika BBM Naik, Taksi Online-Angkot Bebas Pajak 1 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT